5 Cara Mudah untuk Meningkatkan Direct Sales Hotel Anda

how to boost hotel direct sales

Internet telah mengubah industri hotel di era modern ini. Hotel dituntut untuk mengoptimalkan saluran distribusi mereka di luar jalur konvensional. Mereka juga dituntut untuk beradaptasi dengan teknologi dalam pekerjaan mereka. Wajar jika Online Travel Agents (OTA) menjadi momok yang mengerikan bagi direct sales serta pemasaran hotel. Tekanan yang muncul dari hadirnya OTA membuat hotel-hotel saat ini semakin sulit untuk mendapatkan direct sales melalui website hotel mereka sendiri. Dengan besarnya tekanan dari OTA yang menggempur pendapatan hotel dengan komisi yang tinggi, meningkatkan direct sales hotel semakin terdengar tidak mungkin.

Akhir-akhir ini banyak hotel yang menjual lebih banyak kamar mereka melalui saluran inkonvensional dibandingkan sepuluh tahun yang lalu. Sepuluh tahun yang lalu, hotel-hotel masih mengandalkan agen perjalanan konvensional. Saat ini teknologi telah berkembang pesat, namun tidak menjamin akan membantu bisnis sepenuhnya. Perkembangan teknologi memaksa hotel untuk lebih kreatif dalam memperluas saluran distribusi mereka. Di saat yang bersamaan, mereka juga harus tetap berusaha meningkatkan direct sales hotel untuk menjaga pendapatan hotel agar tetap seimbang. Mereka terpaksa untuk untuk menyambut penetrasi OTA sambil berjuang untuk meningkatkan direct sales hotel mereka. Situasi ini dapat mengancam bisnis jika Anda tidak tahu bagaimana cara menghadapinya.

Lalu apa yang harus anda lakukan? Apa saja langkah yang bisa Anda persiapkan agar Anda dapat meningkatkan direct sales hotel Anda? Berikut Caption memberikan gambaran mengenai apa saja yang harus Anda persiapkan untuk meningkatkan direct sales hotel Anda.

Mengapa ini terjadi?

Lima tahun belakangan, OTA menjadi pemain utama dalam industri hotel modern. Pergeseran dari manual ke digital telah mendorong industri perhotelan untuk beradaptasi dalam digitalisasi. Dalam prosesnya, meningkatkan direct sales hotel saat ini seakan mustahil karena adanya dominasi dari OTA dalam proses distribusi. Mengapa hal ini terjadi?

  • Peraturan dari OTA

Rendahnya direct sales hotel dapat saja disebabkan oleh adanya OTA. Bekerjasama dengan OTA bukan selalu berarti kabar yang baik bagi hotel Anda. Komisi yang tinggi dapat menjadi jebakan bagi hotel Anda. Selain itu, sebagian OTA memiliki peraturan khusus yang tidak mengizinkan hotel untuk memiliki harga yang lebih murah. Hal ini menghambat hotel dalam menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga yang tertera di situs OTA. Tentu saja ini dapat menjadi hambatan untuk meningkatkan direct sales hotel karena konsumen akan selalu mencari harga termurah.

Baca juga artikel kami tentang ‘strategi social media marketing’ di sini.

  • Website yang tidak optimal

Faktor lain yang juga berkontribusi dalam rendahnya direct sales hotel adalah website yang tidak optimal. Website yang tidak mendukung akan menghambat dari segi aksesibilitas. Anda tidak dapat mengandalkan website Anda untuk meningkatkan direct sales hotel ketika website Anda tidak optimal. Lamanya waktu untuk memuat halaman adalah hal yang harus dihindari. Penting untuk membuat website hotel Anda lebih optimal untuk menghindari konsumen yang akan bosan dan kesal akan website hotel Anda.

  • Booking engine yang tidak optimal

Salah satu hal yang harus Anda hindari jika ingin meningkatkan direct sales hotel Anda adalah booking engine yang tidak optimal. Booking engine menghubungkan Anda dan konsumen Anda dalam membuat reservasi. Penting untuk memastikan bahwa booking engine Anda bekerja dengan baik, terlepas dari Anda memasangnya di website atau tidak. Anda tidak akan bisa meningkatkan direct sales hotel Anda jika Anda tidak memiliki booking engine Anda sendiri.

Baca juga artikel kami tentang ‘fitur penting pada booking engine’ di sini.

meningkatkan direct sales hotel

Apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan direct sales hotel Anda?

Setelah mempelajari faktor-faktor yang berkontribusi dalam menurunnya direct sales hotel Anda, ada baiknya jika Anda memperhatikan hal-hal dibawah ini. Anda dapat menghindari hal-hal diatas dengan cara melakukan perencanaan pemasaran yang tepat. Berikut tips kami untuk meningkatkan direct sales hotel Anda.

  • Metasearch

Tidak dapat diragukan lagi bahwa OTA merupakan sarana yang vital dalam distribusi hotel Anda. Kemudahan dalam penggunaan OTA dalam reservasi hotel menjadi alasan utama mengapa banyak orang yang menggunakannya. Namun bagaimanapun juga, hadirnya metasearch merupakan salah satu hal yang harus dipertimbangkan. Jika OTA memberikan daftar hotel dalam website mereka, sebagai gantinya metasearch memberikan daftar OTA dalam website mereka. Ini merupakan cara yang paling tepat bagi konsumen untuk membandingkan harga dari satu website dengan website yang lain. Tentu saja disini transparansi harga merupakan hal yang utama.

Anda dapat memanfaatkan popularitas dari metasearch dengan turut mendaftarkan website hotel Anda. Seperti yang kita ketahui, metasearch membandingkan harga dari satu hotel tertentu yang terdaftar dalam berbagai website. Anda dapat memanfaatkan hal ini dengan menaruh website hotel Anda dalam daftar, di antara OTA-OTA tempat hotel Anda terdaftarkan. Anda tidak hanya dapat mempromosikan website hotel Anda melalui media ini, namun Anda juga dapat membuktikan pada calon konsumen bahwa hotel Anda memiliki penawaran yang terbaik. Ketika Anda dapat memanfaatkan metasearch sebagai jalur distribusi hotel Anda, ini tidak lagi menjadi ancaman bagi bisnis Anda.

  • Search Engine Optimization (SEO)

Search engine optimization (SEO) bekerja secara luas dalam meningkatkan direct sales hotel Anda. Seperti yang kita ketahui, mesin pencari kini sudah mendominasi internet. Penggunaan internet yang tinggi sebanding dengan penggunaan mesin pencari dalam kehidupan kita sehari-hari. Ketika kita ingin mencari tahu sesuatu, tentu kita akan menaruh kata kunci dan mencarinya dalam mesin pencari. Disinilah tempat SEO memiliki peran penting. SEO meningkatkan kemungkinan website Anda akan muncul di halaman pertama dari hasil pencarian di mesin pencari, tentunya dengan beberapa optimisasi. Penggunaan kata kunci yang tepat, penambahan meta description berperan penting didalamnya. Anda dapat mendapatkan manfaat dari cara diatas dan membuat website hotel Anda muncul pada halaman pertama hasil mesin pencari.

Baca juga artikel kami tentang ‘social media marketing’ di sini.

  • Search Engine Marketing (SEM)

Setelah meningkatkan hasil pencarian, langkah selanjutnya adalah memahami bagaimana search engine marketing (SEM) bekerja. Layaknya SEO, SEM menggunakan hasil dari mesin pencari dan memprosesnya/memanfaatkannya. Namun SEM menggunakan skema berbayar untuk membuat website Anda muncul di halaman pertama hasil mesin pencari. Seperti yang kita ketahui, ketika kita mencari kata kunci di mesin pencari, maka beberapa iklan akan muncul di urutan teratas hasil mesin pencari. Skema ini berbeda-beda tergantung masing-masing mesin pencari. Sebagian besar dari mereka mengharuskan pengguna untuk membayarkan sejumlah uang untuk dapat menempatkan iklan mereka di tempat yang strategis di hasil mesin pencari.

  • Manajemen reputasi

Setelah memelajari lebih dalam mengenai SEO, SEM, dan metasearch, Anda dapat memaksimalkan manajemen reputasi. Penting bagi Anda untuk menjaga reputasi online hotel Anda dihadapan para konsumen. Di era dimana review merupakan hal penentu, meningkatkan reputasi online hotel Anda merupakan hal yang krusial. Tidak hanya meningkatkan reputasi bisnis Anda, namun juga meningkatkan kepercayaan.

Dalam manajemen reputasi, Anda dapat mempertahankan review baik hotel Anda dalam situs review.

Pastikan bahwa Anda selalu membalas setiap review yang konsumen berikan. Jika mereka mengalami masalah, pastikan bahwa Anda dapat menebus kesalahan tersebut dan mencoba memperbaiki masalah. Kepuasan tamu setelah bermalam di hotel Anda menjadi hal penting jika Anda ingin mempertahankan reputasi hotel Anda. Pastikan bahwa Anda membangun citra bahwa Anda selalu mendengar konsumen Anda.

Baca artikel kami tentang ‘pengelolaan website hotel’ di sini.

  • Brand Protection

Layaknya manajemen reputasi, melindungi brand Anda juga penting untuk membangun citra brand yang Anda inginkan bagi hotel Anda. Tentu saja Anda tidak ingin merusak reputasi brand Anda dan mempertaruhkan bisnis Anda pada kerugian. Anda dapat memulai dengan mendaftarkan trademark hotel Anda di Google. Penting bagi Anda untuk memastikan bahwa Anda merupakan pihak yang sah untuk mempromosikan brand Anda melalui Google. Terlepas dari hal itu, langkah ini juga akan mencegah Google untuk mempromosikann pihak lain untuk menggunakan brand Anda dalam iklan mereka. Setelah Anda mendaftarkan trademark Anda di Google, maka mereka akan memblock iklan lain dalam menggunakan brand Anda.

Meningkatkan direct sales hotel Anda tidaklah mudah. Dibutuhkan usaha yang nyata diantara departemen-departemen yang ada di dalam hotel Anda. Tidak hanya dari sisi marketing, namun juga sisi pelayanan. Seluruh langkah ini tidak akan ada artinya jika Anda tidak bergerak untuk meningkatkan pengalaman konsumen saat menginap di hotel Anda. Namun yang pasti adalah, meskipun sulit bukan berarti ini hal yang mustahil. Jadi apakah Anda siap untuk meningkatkan implementasi direct sales hotel Anda?

YOU MIGHT ALSO LIKE

1 Comment

Leave A Comment

Your email address will not be published.