5 Strategi Promosi Hotel untuk Memaksimalkan Pendapatan Hotel

hotel promotion strategy

Dalam beberapa tahun terakhir kompetisi dalam industri perhotelan semakin ketat dari tahun ke tahun. Dengan tumbuhnya hotel-hotel baru serta semakin berkembangnya jumlah penyedia jasa akomodasi lainnya, menyebabkan persaingan untuk memperebutkan pasar wisatawan menjadi sangat sulit. Kondisi ini semakin rumit dengan perubahan perilaku wisatawan yang saat ini lebih condong untuk lebih bergantung pada teknologi ketika berlibur. Untuk menghadapi hal ini, pelaku industri perhotelan harus mampu untuk kreatif serta menemukan strategi yang tepat agar hotel mereka mampu bertahan dalam persaingan yang semakin ketat. Oleh karena itu dibutuhkan strategi yang tepat untuk agar dapat menarik konsumen untuk menginap di hotel Anda. Salah satu strategi pemasaran yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat strategi promosi hotel yang menarik

Promosi adalah bagian penting dari kegiatan pemasaran hotel Anda. Terdapat berbagai macam jenis promosi hotel yang dapat Ada temukan dan implementasikan di hotel Anda. Hal terpenting yang harus Anda pertimbangkan ketika hendak merencanakan strategi promosi hotel Anda adalah tujuan dari kegiatan promosi tersebut. Tujuan kegiatan promosi tersebut dapat ditujukan untuk mencari konsumen baru, menarik konsumen yang pernah menginap sebelumnya, atau memberikan nilai tambah pada layanan yang Anda tawarkan. Dalam artikel ini Caption akan mengulas beberapa strategi promosi hotel yang dapat diterapkan untuk menarik lebih banyak tamu ke hotel Anda.

Beri Diskon Ketika Low Season

Diskon atau potongan harga adalah salah satu strategi promosi hotel paling sederhana yang bisa Anda lakukan ketika low season untuk meningkatkan okupansi hotel. Anda dapat membuat strategi promosi ini secara berkala jika Anda sudah mengetahui periode low season di area Anda.

Meskipun promosi berupa potongan harga terlihat dapat meningkatkan okupansi hotel dengan cepat, tetapi Anda perlu mempertimbangkan banyak hal ketika hendak melakukan jenis promosi ini. Hal ini agar Anda tidak terjebak dalam perangkap perang harga yang tidak meningkatkan pendapatan hotel tetapi justru dapat merugikan hotel Anda.

Oleh karena itu sebelum Anda memutuskan melakukan promosi jenis ini, Anda harus memastikan bahwa harga promosi tidak lebih rendah dari harga dasar kamar Anda. Bukankah promosi Anda akan sia-sia jika Anda justru merugi ketika kamar hotel Anda penuh.

Anda juga dapat membuat promosi hotel Anda spesifik kepada target pasar yang khusus. Sebagai contoh jika okupansi hotel Anda rendah pada hari kerja, maka anda dapat menargetkan konsumen yang sedang melakukan perjalanan bisnis. dengan cara menawarkan diskon pada hari kerja. Untuk membuat jenis promosi ini lebih menarik Anda dapat mengkombinasikannya dengan strategi promosi hotel lainnya Sebagai contoh, Anda mungkin dapat menawarkan free transfer ke bandara bagi tamu yang telah menginap dua kali dalam jangka waktu sebulan. Hal ini tentu akan membuat tamu lebih tertarik untuk menginap di hotel Anda, jika promosi hotel Anda menawarkan sesuatu yang mereka butuhkan.

Promosi untuk Menarik Direct Booking Melalui Website Anda

shutterstock_223155751-copy

Ketika Anda ingin mempromosikan hotel Anda di internet, tempat terbaik untuk melakukannya adalah di website hotel Anda. Walaupun saat ini Anda sudah terkoneksi dengan banyak OTA, memaksimalkan direct booking dari website hotel Anda harus tetap menjadi prioritas utama ketika Anda merencanakan strategi promosi hotel. Melakukan promosi di website hotel Anda tidak hanya memberi kesempatan bagi hotel Anda untuk mendapatkan konsumen baru, lebih dari itu dari sisi strategi marketing hotel hal ini memberi kesempatan untuk mengembangkan website hotel Anda sebagai saluran distribusi utama untuk hotel Anda.

Promosi untuk meningkatkan direct booking tidak memerlukan bentuk promosi yang rumit dan kompleks. Bahkan Anda dapat membuat promosi sederhana seperti memberi potongan harga atau memberi layanan gratis jika tamu memesan melalui website hotel Anda. Sebagai contoh, Anda dapat menawarkan diskon sebesar 20% bagi tamu yang melakukan reservasi melalui website hotel Anda. Selain itu, Anda juga dapat menawarkan sarapan gratis bagi tamu yang memesan kamar melalui website hotel Anda.

Selanjutnya, Anda juga dapat mempromosikan direct booking dengan cara menawarkan kebijakan reservasi yang lebih fleksibel untuk reservasi yang berasal dari website Anda. Sebagai contoh, Anda dapat menawarkan kebijakan terkait pembatalan reservasi yang lebih fleksibel bagi reservasi yang berasal dari website Anda. Walaupun hal ini bukanlah faktor utama yang menarik tamu untuk melakukan pemesanan, akan tetapi hal tersebut dapat membuat mereka untuk mempertimbangkan melakukan pemesanan dari website hotel Anda karena adanya kebijakan reservasi yang lebih fleksibel.

Baca juga artikel kami tentang ‘meningkatkan direct booking melalui website hotel’ di sini.

Membuat Paket yang Unik

Strategi pemasaran lain yang cukup efektif untuk menarik tamu untuk menginap di hotel Anda adalah dengan menawarkan paket yang unik. Strategi promosi hotel ini akan dapat menjadi cara yang efektif jika Anda ingin menargetkan segmen pasar wisatawan tertentu dalam kegiatan pemasaran hotel Anda. Sebagai contoh, Anda dapat mencoba wisatawan yang berlibur bersama pasangan dengan menawarkan paket romantis atau paket bulan madu di hotel Anda. Selain itu Anda juga dapat menawarkan paket belajar budaya lokal untuk menarik wisatawan yang tertarik dengan budaya lokal di daerah Anda.

Hal yang paling penting ketika Anda membuat paket promosi hotel adalah memahami kebutuhan dan preferensi tamu.  Untuk mengetahui preferensi tamu, Anda dapat secara rutin melihat dan memeriksa daftar tamu yang menginap di hotel Anda. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk mengetahui segmen pasar yang paling dominan serta hal-hal yang mereka sukai ketika menginap di hotel Anda. Sebagai contoh, setelah memperhatikan daftar tamu yang menginap Anda dapat mengidentifikasi bahwa segmen pasar yang dominan adalah pasangan muda yang berusia antara 25 tahun hingga 35 tahun. Oleh karena segmen pasar ini cenderung mencari pengalaman berlibur yang romantis, Anda dapat menawarkan paket spesial untuk menarik perhatian mereka. Anda dapat menawarkan hal sederhana seperti kamar hotel yang didekorasi khusus atau jamuan makan malam romantis di restoran hotel Anda dapat mengkombinasikan layanan khusus tersebut untuk menjadi paket unik yang menawarkan pengalaman menginap yang spesial.

Baca juga artikel kami tentang ‘ide unik untuk meningkatkan kualitas pelayanan di hotel Anda’ di sini.

Program Loyalitas Pelanggan yang Menarik

Jika sebagian besar hotel menargetkan untuk mendapatkan konsumen baru melalui strategi promosi hotel mereka, maka Anda dapat memfokuskan strategi pemasaran hotel Anda untuk menarik konsumen yang sebelumnya pernah menginap di hotel Anda. Tamu yang sudah menjadi pelanggan tetap hotel Anda sangat penting bagi bisnis hotel Anda. Selain menjadi konsumen reguler bagi hotel Anda, mereka juga dapat membantu promosi hotel Anda dengan merekomendasikan hotel Anda kepada teman dan kerabat mereka. Walaupun sat ini semakin sulit untuk menarik konsumen melalui strategi ini, akan tetapi masih ada kesempatan bagi Anda untuk menarik konsumen dengan strategi promosi ini.

Bagaimana cara untuk membuat program loyalitas pelanggan Anda dapat menarik minat konsumen?

Membuat program promosi yang mudah dan tidak rumit adalah hal pertama yang harus Anda pikirkan. Saat ini konsumen sudah tidak tertarik untuk mengumpulkan banyak poin dalam jangka waktu yang lama untuk ditukarkan dengan hadiah atau manfaat yang sebenarnya dapat langsung didapatkan. Oleh karena itu sangat penting untuk memastikan bahwa tamu Anda dapat lebih mudah mendapatkan manfaat yang ditawarkan dan dapat mengklaim manfaat tersebut secara langsung. Sebagai contoh, promosi gratis menginap satu malam setelah menginap lima malam di hotel, mungkin kurang menarik jika dibandingkan dengan diskon sebesar 30% untuk harga kamar di malam kedua. Selain itu Anda juga perlu untuk memberikan manfaat yang relevan dengan kebutuhan tamu, seperti: diskon khusus, menginap secara gratis, atau voucher makan gratis di hotel Anda.

Baca juga artikel kami tentang ‘memanfaatkan program loyaliotas pelanggan sebagai sarana marketing’ di sini.

Kerja Sama dengan Bisnis Lokal

Ketika Anda sedang merencanakan kegiatan marketing hotel Anda, kerjasama dengan bisnis lokal adalah salah satu strategi pemasaran hotel yang akan memberi manfaat yang besar. Kerjasama promosi dengan bisnis lain akan mengurangi biaya promosi yang dibutuhkan. Selain itu, strategi promosi hotel ini juga memberi kesempatan untuk membuat skema promosi Anda lebih menarik dan meraih jangkauan yang lebih luas. Hal ini karena skema promosi ini memberi kesempatan bagi Anda untuk menjangkau segmen pasar dari partner bisnis anda. Kerjasama ini tidak hanya bermanfaat bagi pemasar hotel Anda, akan tetapi juga dapat berkontribusi untuk membangun iklim bisnis yang lebih baik di sekitar lingkungan bisnis Anda.

Memahami pasar hotel Anda adalah aspek sangat membantu Anda dalam memutuskan kerja sama dengan bisnis lain untuk kegiatan promosi hotel Anda harus mampu untuk mengidentifikasi kebutuhan dari konsumen Anda dan apa yang dapat Anda berikan dari kerjasama promosi Anda. Sebagai contoh, Anda melihat bahwa sebagian besar tamu Anda membutuhkan jasa sewa mobil untuk menuju tempat wisata, oleh karena itu Anda dapat bekerja sam dengan penyedia jasa sewa mobil untuk mengakomodasi kebutuhan tamu Anda. Skema kerja sama yang ditawarkan dapat berupa potongan harga jasa sewa mobil bagi tamu yang menginap di hotel Anda. Sebaliknya, Anda dapat memberi diskon bagi tamu yang sebelumnya menggunakan jasa sewa mobil yang bekerja sama dengan hotel Anda.

Kesimpulan

Promosi hotel tidak hanya tentang menurunkan harga untuk meningkatkan okupansi hotel Anda. Dalam strategi pemasaran hotel, promosi hotel dapat berarti menawarkan sesuatu yang berarti bagi konsumen untuk menarik minat mereka dalam membeli produk atau layanan Anda. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk lebih fokus pada penawaran nilai tambah bagi konsumen dibandingkan sekedar menawarkan harga yang lebih murah. Dengan memahami apa yang konsumen butuhkan dan inginkan, maka Anda akan dapat membuat strategi promosi hotel yang tepat. Dengan menawarkan sesuatu yang mereka butuhkan dan tidak dapat mereka dapatkan dari kompetitor Anda, maka Anda memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan lebih banyak konsumen. Bahkan dengan promosi sederhana seperti memberikan layanan antar jemput bandara secara gratis, Anda dapat membuat hotel Anda menonjol dalam kompetisi industri perhotelan yang ketat.

banner_email_1

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published.