6 Strategi Pemasaran Hotel Untuk Meningkatkan Okupansi Hotel Saat Low Season

StockSnap_FZ0NEWUBW5

Pada waktu tertentu, setiap hotel pasti pernah mengalami kelesuan dalam penjualan kamar dikarenakan kondisi pasar yang tidak menentu. Bisnis hotel, seperti bisnis lain pada umumnya, tentu pernah menemui fluktuasi dalam hal permintaan pasar yang menurun. Saat-saat seperti ini dinamakan sebagai Low Peak Period atau Low Season. Hotel-hotel pada umumnya biasanya menurunkan harga kamar mereka hanya untuk memenuhi okupansi kamar yang ada. Tindakan ini tentunya akan membawa kerugian pada segi pendapatan masing-masing hotel. Menurunkan harga tidak menjamin bahwa permintaan konsumen terhadap kamar akan meningkat, terlebih akan meningkatkan pendapatan. Hotel Anda pada akhirnya tidak dapat menjual kamar yang cukup untuk memenuhi pengurangan dalam pendapatan. Inilah mengapa memahami trik pemasaran hotel sangatlah penting bagi Anda.

Dalam masa-masa low season seperti ini, hotel Anda dapat menambah nilai tambah. Anda dapat mencoba gimmick pemasaran dengan cara menambah nilai tambah yang dapat menghasilkan efek yang positif bagi konsumen Anda. Dengan membuat rencana pemasaran yang spesifik dikhususkan untuk low season, maka hotel Anda tidak perlu lagi menjatuhkan harga kamar Anda. Hotel Anda tentunya dapat tetap menjaga harga yang kompetitif. Jangan mengambil pusing akan masalah ini karena banyak cara untuk meningkatkan okupansi kamar saat low season. Kuncinya adalah untuk menjadi lebih kreatif dalam rencana pemasaran seperti menawarkan paket tertentu bagi konsumen, atau menjadi sponsor dalam acara yang sedang menjadi trend di daerah sekitar hotel Anda atau di kota Anda. Kali ini Caption memberikan Anda 6 strategi pemasaran hotel mudah untuk meningkatkan okupansi hotel Anda saat low season.

1. Buat paket spesial

Hotel Anda dapat meningkatkan okupansi dengan cara membuat paket spesial untuk menarik konsumen. Contohnya saja hotel Anda dapat membuat “paket valentine”, “paket keluarga”, atau “paket berdua” dimana didalamnya sudah termasuk barang-barang pelengkap seperti keranjang hadiah yang berisi coklat, wine, atau sampanye. Atau Anda juga dapat menghias kamar dan tempat tidur yang telah dihiasi oleh bunga. Langkah ini tentunya tidak hanya akan membuat konsumen senang namun juga akan berbalik dan membuat nama hotel Anda semakin lebih baik lagi. Dengan strategi marketing ini maka hotel Anda dapat meningkatkan harga menjadi sedikit lebih tinggi sebagai ganti dari pelayanan hotel Anda terhadap pengalaman tamu di hotel Anda.

Baca juga artikel kami tentang ‘ide unik untuk meningkatkan pelayanan hotel Anda’ di sini.

2. Berikan penawaran diskon

Konsumen menyukai tawaran diskon. Mereka akan mempertimbangkan jika mendapat tawaran diskon oleh hotel Anda karena mereka merasa dalam posisi yang diuntungkan. Salah satu strategi pemasaran hotel selanjutnya adalah memberikan tawaran diskon pada konsumen. Anda dapat menembak target konsumen yang spesifik, seperti diskon untuk pelajar, atau diskon untuk orang tua. Anda juga dapat menaruh promosi diskon dalam restoran-restoran di kota Anda yang sebelumnya telah Anda ajak untuk kerjasama. Bagi siapapun yang mendapatkan penawaran pada restoran-restoran tersebut, maka akan mendapat diskon untuk menginap dalam hotel Anda. Tentu saja, syarat dan ketentuan berlaku, tergantung dari perjanjian yang sebelumnya telah Anda buat. Anda juga dapat menaruh promo diskon melalui media sosial. Contohnya, bagi followers media sosial Anda yang membagikan poster promosi diskon dan juga menandai 10 teman mereka, akan mendapat diskon menginap 5%-10%. Setelah mereka menggunakan diskon menginap, jangan lupa untuk memberikan pelayanan hotel yang memuaskan sehingga mereka tertarik untuk kembali lagi ke hotel Anda dan juga dapat mendorong mereka untuk memberikan review serta rekomendasi mulut-ke-mulut yang baik pada teman mereka.

3. Program loyalitas konsumen

Salah satu strategi pemasaran hotel yakni Program Loyalitas Pelanggan dapat membantu hotel Anda untuk membangun hubungan yang lebih erat dengan konsumen lama Anda. Dengan program ini, Anda dapat memberikan diskon pada pelanggan setia Anda yang sering menginap di hotel Anda, contohnya, konsumen yang telah menginap dalam kurun 6 bulan hingga setahun terakhir. Anda dapat mengirim email pada konsumen Anda yang berisi diskon spesial. Konsumen mengecek email mereka setiap hari. Mungkin Anda berpikir bahwa orang-orang tidak akan memeriksa email yang berisi promosi. Saat ini banyak orang yang mengecek email mereka bagian pemasaran dan promosi hanya untuk mengecek diskon yang ditawarkan oleh website dan newsletter yang mereka telah mereka langgan sebelumnya. Ini merupakan kesempatan yang tepat bagi hotel Anda untuk memberikan promosi melalui program loyalitas pelanggan . Jangan lupa untuk selalu meminta email konsumen saat mereka menginap di hotel Anda.

Baca juga artikel kami tentang ‘program loyalitas konsumen’ di sini.

4. Promosikan hotel anda pada perusahaan lokal

Anda dapat meningkatkan okupansi hotel Anda dengan mempromosikan hotel Anda pada perusahaan-perusahaan lokal untuk acara mereka seperti seminar bisnis dan meeting perusahaan. Acara-acara seminar dan meeting adalah suatu hal yang lumrah dan penting bagi perusahaan. Maka dari itu penting bagi hotel Anda untuk mempromosikan fasilitas yang dimiliki bagi perusahaan-perusahaan tertentu. Acara-acara seperti ini tentunya sangat menguntungkan bagi hotel Anda karena biasanya beberapa perusahaan akan memesan banyak hotel dalam sekali waktu. Anda juga harus ingat bahwa beberapa perusahaan menyelenggarakan acara-acara mereka secara berkala, seperti tahunan. Ini dapat menjadi sumber pendapatan yang tetap bagi hotel Anda. Menjalin hubungan dan kerjasama dengan perusahaan dapat menjadi langkah yang positif bagi hotel Anda. Tidak hanya seminar bisnis dan juga meeting perusahaan, Anda juga dapat mengundang lebih banyak perkumpulan untuk acara pernikahan atau acara reuni. Strategi pemasaran hotel yang simpel ini dapat membantu Anda untuk mencapai target konsumen yang lebih luas lagi.

Baca juga artikel kami tentang ‘strategi promosi hotel’ di sini.

5. Menginisiasi kuis melalui media sosial

Media sosial telah menjadi bagian yang terpisahkan dari kehidupan masyarakat saat ini. Hotel Anda dapat menggunakan media sosial seperti facebook dan juga instagram untuk melakukan aktivitas promosi. Contohnya adalah hotel Anda dapat mencoba untuk membuat kuis pada media sosial. Pemenang yang beruntung akan mendapatkan voucher untuk menginap di hotel Anda untuk satu hingga dua malam. Dengan melakukan strategi pemasaran hotel ini maka hotel Anda dapat mendapatakan sorotan lebih dari netizen. Dengan menggunakan social media marketing sebagai alat pemasaran, maka hotel Anda dapat menyampaikan pesan dalam promosi Anda pada target konsumen yang lebih luas lagi. Dengan mengaplikasikan strategi ini dalam low season, Anda sudah selangkah lebih maju dalam meningkatkan okupansi hotel Anda.

6. Manfaatkan acara bisnis lokal

Selama low season, penting bagi hotel Anda untuk menciptakan permintaan yang lebih. Anda dapat memanfaatkan acara dari bisnis lokal sebagai kesempatan pemasaran untuk menarik lebih banyak konsumen pada hotel Anda. Selalu perhatikan acara-acara lokal, konser, festival, pameran, atau maraton serta parade dalam kota Anda. Manfaatkan acara-acara populer di kota Anda sebagai kesempatan untuk melakukan pemasaran dan juga kesempatan untuk memberikan diskon bagi orang-orang yang mendatangi acara tersebut. Dengan bekerjasama dengan acara-acara lokal, maka hotel Anda akan mendapatkan kesempatan untuk memasarkan hotel Anda untuk meningkatkan okupansi hotel Anda pada low season.

Banyak strategi pemasaran hotel yang mudah bagi hotel Anda untuk meningkatkan okupansi saat low season. Hotel perlu mengembangkan rencana pemasaran untuk waktu tertentu seperti low season. Strategi pemasaran hotel yang telah direncanakan sebelumnya untuk meningkatkan okupansi tentunya akan membantu hotel untuk menghadapi tantangan saat low season.

banner_email_2

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published.