7 Cara Jitu untuk Mendorong Jumlah Direct Booking melalui Website Hotel Anda

shutterstock_223155751-copy

Industri perhotelan dalam beberapa tahun terakhir memang tidak sedang dalam keadaan terbaiknya. Hegemoni jaringan besar dalam kompetisi hotel bukan lagi menjadi ancaman terbesar hotel-hotel kecil karena kini online travel agent (OTA) juga menjadi pesaing berat. Dalam persaingan modern dunia perhotelan, mendorong jumlah direct booking ke website hotel Anda tentu bukanlah hal yang mudah, mengingat website OTA seringkali jauh lebih canggih dan lengkap. Namun bukan berarti hal tersebut adalah tidak mungkin, bukan?

Tidak dapat dipungkiri bahwa OTA memiliki peran besar dalam mempertahankan industri perhotelan yang beberapa tahun ini mengalami kemunduran. Luasnya cakupan OTA sebagai sarana promosi memang menjadi salah satu hal yang membuat hotel-hotel tergoda untuk bergabung dengan OTA. Kemudahan untuk melakukan pemesanan ke hotel melalui OTA menjadi salah satu faktor yang membuat industri perhotelan masih bergeliat hingga kini. Meski demikian, sebagaimanapun besarnya pendapatan hotel Anda dari kamar-kamar yang selalu penuh, hal itu seringkali tidak sebanding dengan jumlah komisi yang harus Anda bayarkan ke OTA.

Masalah ini dihadapi oleh sebagian besar hotel yang bergabung dengan OTA. Meskipun jumlah komisi yang harus dibayarkan kadang bisa terdengar logis karena luasnya cakupan pasar yang dijanjikan, hal ini tetap menjadi halangan bagi hotel untuk meraih pendapatan optimal mereka. Beberapa OTA bahkan melarang hotel untuk memasang harga yang lebih rendah di website hotel mereka, sehingga sebagian besar pemesanan tentu akan datang dari OTA. Permasalahan menjadi semakin besar ketika hotel Anda sudah begitu bergantung pada OTA. Ketergantungan yang demikian besar pada bantuan OTA dalam mendatangkan pelanggan tentu merupakan tantangan besar bagi hotel independen untuk mendorong jumlah direct booking ke website mereka sendiri.

Jika hotel Anda merupakan salah satu dari hotel di atas, masih ada harapan bagi Anda untuk mengoptimalkan pendapatan. Mendorong jumlah direct booking bagi wesite Anda bukan lagi hal yang tidak mungkin jika Anda tahu apa saja yang dibutuhkan untuk meraih hal tersebut. Gerakan untuk mengalihkan jumlah pesanan dari OTA ke website hotel bahkan diinisiasikan oleh jaringan hotel-hotel besar, salah satunya Hilton yang menginisiasi gerakan ‘Stop Clicking Around’. Gerakan tersebut dilakukan untuk mendorong jumlah direct booking melalui website Hilton sendiri dengan mempromosikan harga yang kompetitif dan benefit lain jika pelanggan memesan melalui website Hilton langsung. Hal ini memperlihatkan bahwa bahkan jaringan hotel besar pun merasa terancam dengan dominasi OTA dalam penjualan online.

Bagaimana Anda bisa mendorong jumlah direct booking ke website Anda?

Mendorong jumlah direct booking bukan hanya berarti bahwa Anda harus menyediakan website yang canggih dan optimal. Memang benar bahwa website Anda harus benar-benar representif dan canggih untuk menciptakan pengalaman booking yang menyenangkan bagi pelanggan Anda, namun itu bukan satu-satunya hal yang penting. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk mendorong jumlah direct booking ke website Anda:

1. Buat website Anda menjadi simpel dan sederhana

Membangun website untuk bisnis perhotelan memang bukan hal yang mudah. Sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan kenyamanan pelanggan dalam proses pembuatan website. Karena Anda menyediakan website sebagai sarana bagi pelanggan Anda untuk ‘berkomunikasi’ dengan Anda, maka jangan lupakan bahwa kenyamanan mereka adalah hal yang paling utama. Ketika pelanggan sudah bisa merasa nyaman ketika mengakses website Anda, mendorong jumlah direct booking bukan lagi hal yang sulit.
Salah satu faktor yang mempengaruhi kenyamanan pelanggan ketika mengakses website Anda adalah faktor desain. Pastikan bahwa desain website Anda simpel dan sederhana untuk menghindari kebingungan bagi pelanggan Anda. Letakkan informasi penting di lokasi-lokasi yang strategis dan jangan membuat pelanggan Anda harus meng-klik berkali-kali hanya untuk mendapatkan informasi yang sifatnya dasar dari hotel Anda. Informasi seperti letak hotel dan rate kamar harus diletakkan di posisi di mana pelanggan tidak perlu melakukan terlalu banyak klik untuk dapat mengaksesnya.

2. Jangan remehkan kekuatan foto

Ketika Anda membangun sebuah website bagi hotel Anda, jangan meremehkan pentingnya peran foto sebagai aspek yang membantu dalam mendorong jumlah direct booking ke website Anda. Jangan ragu untuk menampilkan banyak foto di website hotel Anda karena pelanggan tentu lebih dapat mendapatkan gambaran mengenai hotel Anda jika terdapat banyak foto yang tersedia. Semakin banyak foto yang Anda tampilkan, semakin mudah bagi para pelanggan untuk membayangkan bagaimana kira-kira sensasi yang akan didapatkan ketika menginap di hotel Anda.
Untuk seiap tipe kamar yang Anda tawarkan, cobalah untuk menampilkan setidaknya 8 foto mengenai kamar tersebut. Jangan lupa untuk menampilkan pula area-area yang menarik di hotel Anda untuk membuat hotel Anda semakin terlihat unik. Jangan ragu untuk berinventasi dengan menggunakan jasa fotografer profesional untuk mendapatkan hasil foto yang baik.

3. Buat website Anda mobile-friendly

Perkembangan teknologi membuat website semakin mudah untuk diakses. Tingkat kepemilikan smartphone yang sangat tinggi di kalangan masyarakat tentu berakibat pada industri perhotelan, salah satunya adalah kini menjadi penting untuk dapat mengakses website melalui smartphone. Kemampuan yang secara teknis disebut sebagai ‘mobile-friendly’ ini berarti bahwa website hotel Anda harus dapat diakses dari berbagai gawai, mulai dari PC, tablet hingga smartphone.

mobile experienceKetika website hotel Anda memiliki kemampuan untuk dapat menjadi mobile-friendly, maka semakin banyak pula pelanggan dan calon pelanggan yang bisa Anda raih. Ini tentu penting ketika Anda ingin mendorong jumlah direct booking ke website Anda karena semakin banyak audiens berarti semakin banyak pula kemungkinan jumlah direct booking untuk bertambah. direct booking untuk bertambah.

4. Buat website Anda responsif dan ringan

Salah satu masalah terbesar bagi para pelanggan dan calon pelanggan ketika mengakses website sebuah hotel adalah masalah loading. Ukuran website yang besar tentu membutuhkan waktu loading yang semakin bertambah pula, menjadikan waktu yang dibutuhkan untuk membuka website juga semakin lama. Meskipun kedengarannya sepele, hal ini bisa menjadi halangan bagi pelanggan yang ingin memesan kamar di hotel Anda. Budaya modern yang serba instan tentu akan bertolak belakang dengan hal ini dan bisa jadi menjadi alasan bagi pelanggan Anda untuk membatalkan pesanan. Hal ini membuat kebutuhan untuk website yang responsif dan ringan memang menjadi hal yang penting untuk mendorong jumlah direct booking ke website hotel Anda.

5. Perhatikan konten Anda

shutterstock_245818666Salah satu trik paling jitu untuk mendorong jumlah direct booking adalah dengan memproduksi konten yang baik. Jangan lupa untuk memasukkan keyword yang sesuai dengan hotel Anda untuk membuatnya lebih mudah dideteksi oleh Google. Kualitas konten yang baik tentu akan mendorong jumlah direct booking adalah dengan memproduksi konten yang baik. Jangan lupa untuk memasukkan keyword yang sesuai dengan hotel Anda untuk membuatnya lebih mudah dideteksi oleh Google. Kualitas konten yang baik tentu akan mendorong jumlah direct booking adalah den jumlah kunjungan ke website Anda karena akan lebih mudah dideteksi oleh Google. Hal ini penting untuk mendorong jumlah kunjungan ke website Anda, yang diharapkan akan mendorong jumlah direct booking pula. jumlah kunjungan ke website Anda karena akan lebih mudah dideteksi oleh Google. Hal ini penting untuk mendorong jumlah kunjungan ke website Anda, yang diharapkan akan mendorong jumlah direct booking pula.

Cobalah untuk memproduksi konten yang menarik untuk dibaca. Aspek-aspek SEO (Search Engine Optimization) juga harus diperhatikan agar website Anda dapat mencapai posisi atas dalam halaman hasil pencarian. Topik-topik yang ringan dan berhubungan dengan pasar hotel Anda tentu dapat dipertimbangkan untuk menaikkan traffic website Anda. Topik-topik seperti destinasi wisata yang menarik dan rekomendasi destinasi kuliner tentu akan menarik untuk dibaca.

6. Jangan lupakan pentingnya traffic website

Seperti yang kita ketahui, SEO merupakan hal penting dalam pengelolaan konten di dunia digital. Konten yang ditulis dengan memperhatikan aspek-aspek SEO tentu akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk dapat menempati posisi atas dalam halaman hasil pencarian, yang tentu akan meningkatkan kemungkinan kunjungan ke website itu pula. Semakin sering website Anda dikunjungi, maka semakin tinggi pula traffic yang Anda dapatkan. Hal ini penting untuk memposisikan website Anda di posisi teratas karena Google memperhitungkan jumlah kunjungan sebagai salah satu parameter.

7. Lengkapi website Anda dengan booking engine yang canggih

Pada akhirnya, segala upaya yang Anda lakukan untuk mendorong jumlah direct booking tentu akan sia-sia jika website Anda tidak memiliki booking engine yang mumpuni. Pastikan booking engine yang terdapat pada website Anda memiliki kemampuan yang baik untuk memproses pemesanan karena hal ini tentu akan berperan penting dalam marketing hotel Anda. Tanpa booking engine yang mumpuni, kemungkinan gagal booking akan selalu ada. Hal ini tentu akan menjadi kerugian tersendiri bagi Anda sebagai hotel dari segi marketing.

Mendorong jumlah direct booking memang bukan perkara mudah. Hal ini melibatkan strategi yang komprehensif dari berbagai sisi bisnis Anda. Strategi yang diambil pun harus disesuaikan dengan keadaan masing-masing hotel, sehingga pada akhirnya Anda dapat menemukan strategi mana yang paling pas dengan bisnis hotel Anda. Namun tentunya bukan berarti ini tidak mungkin dilakukan, bukan?

YOU MIGHT ALSO LIKE

5 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published.