7 Strategi Social Media Marketing untuk Hotel yang Patut Anda Coba

shutterstock_119788816-min

Social media telah menjadi fenomena dalam dunia marketing dalam beberapa tahun belakangan. Luasnya sasaran audiens yang dapat dijangkau oleh social media membuatnya menjadi senjata ampuh untuk kegiatan promosi yang dapat menjangkau banyak orang. Kemudahan pengoperasian social media juga menjadi alasan lain mengapa platform ini menjadi sangat populer sebagai salah satu sarana promosi. Dan tentu, tidak ada salahnya untuk mempelajari social media marketing untuk hotel agar Anda tahu bagaimana agar dapat menggunakannya dengan baik dan benar.

Social Media untuk Marketing?

Menggunakan social media marketing untuk hotel tentu memerlukan ilmu tersendiri. Anda harus memahami bahwa social media pada dasarnya adalah platform yang dipergunakan untuk bersosialisasi satu sama lain, sehingga penggunaannya sebagai sarana promosi pun tentu perlu sedikit modifikasi.

Inilah mengapa menggunakan social media marketing untuk hotel memerlukan perencanaan dan eksekusi yang tepat.

Salah satu hal yang penting yang harus Anda pahami ketika akan menggunakan social media marketing untuk hotel adalah pemahaman yang jelas tentang sasaran bisnis Anda. Luasnya sasaran audiens yang dapat dijangkau oleh social media seringkali membuat kegiatan promosi menjadi kurang terfokus dan hasilnya kurang efektif. Hal ini membuat pemahaman Anda sebagai pengelola hotel mengenai sasaran pasar bisnis Anda adalah mutlak diperlukan untuk membuat proses marketing menjadi lebih efektif.

Baca juga artikel kami tentang ‘konsep hotel inovatif’ di sini.

Bagaimana Menggunakannya?

Namun bagaimana Anda bisa mendayagunakan social media marketing untuk hotel secara optimal? Jika Anda berencana untuk menggunakan social media marketing untuk hotel Anda, ada baiknya Anda menyimak ulasan kami berikut untuk lebih memahami bagaimana caranya mendayagunakan social media secara lebih efektif.

  • Online presence itu mutlak perlu

Kehadiran Anda secara online adalah mutlak penting ketika Anda ingin menjalankan strategi social media marketing untuk hotel Anda. Layaknya suatu tatanan sosial yang nyata, kehadiran Anda secara online juga akan sangat berpengaruh terhadap penerimaan pelanggan terhadap hotel Anda.

Semakin sering Anda terlihat di berbagai lokasi di dunia internet, semakin besar pula kemungkinan untuk pelanggan baru mengenali hotel Anda; dan mungkin, berniat untuk mencoba bermalam di akomodasi yang Anda tawarkan.

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menaikkan online presence Anda tentunya adalah dengan membuat akun-akun social media dan menggunakannya. Facebook sebagai salah satu platform social media yang paling banyak digunakan oleh sebagian besar orang tentunya menjadi tujuan utama dari fase ini. Gunakan akun Facebook hotel Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan baru maupun pelanggan kesayangan Anda.

  • Reputasi online Anda sangat penting

Hal lain yang penting ketika Anda ingin mengaplikasikan social media marketing untuk hotel Anda adalah mengenai reputasi. Seperti halnya di dunia nyata, reputasi Anda di dunia online juga sama pentingnya untuk dikelola. Jangan biarkan reputasi online Anda menjadi buruk hanya karena tata bahasa yang sembarangan ataupun balasan komplain yang menggunakan kata-kata yang kasar pada Facebook Page Anda. Ingatlah bahwa semua itu penting untuk menjaga reputasi hotel Anda secara online.

  • Jadilah interaktif dengan audiens

Sebagai sarana komunikasi, social media memang harus dioptimalkan untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Ingatlah bahwa fungsi utama dari social media adalah sebagai sarana komunikasi, sehingga menjadi interaktif dengan audiens adalah hal yang penting dalam penggunaannya. Cobalah untuk selalu menjawab pertanyaan pelanggan yang mereka tanyakan melalui social media agar hubungan antara Anda dan pelanggan menjadi baik.

Baca juga artikel kami tentang ‘ide personalisasi yang mudah untuk hotel’ di sini.

  • Buatlah kuis dengan hadiah yang menarik

Salah satu cara yang paling ampuh dalam menaikkan popularitas Anda di social media adalah dengan mengadakan kuis. Selain penting untuk menaikkan popularitas Anda, kuis juga merupakan cara yang ampuh untuk mendayagunakan social media marketing untuk hotel secara mudah dan efisien. Cakupan audiens yang sangat luas bisa menjadi modal bagi Anda untuk dapat meraih lebih banyak paparan dari lebih banyak orang.

Sebagai contoh, Anda dapat mengadakan kuis di akun Instagram Anda yang mewajibkan peserta untuk me-repost gambar Anda atau menandai akun teman mereka di kolom komentar.

Hal ini mungkin terdengar sederhana, namun sebenarnya bisa menjadi sarana yang optimal untuk mempromosikan hotel Anda kepada audiens yang lebih luas. Jangan lupa untuk berikan hadiah yang menarik bagi pemenang, seperti voucher menginap gratis di hotel Anda atau mungkin voucher makan malam di restoran hotel Anda.

  • Pergunakan Foursquare dengan optimal

Foursquare adalah salah satu social media yang sebenarnya sangat ebrguna dalam pemasaran hotel. Social media berbasis lokasi ini pada dasarnya akan memberikan Anda media untuk bisa check-in ke lokasi-lokasi yang Anda kunjungi. Meskipun kedengarannya sulit untuk mengintegrasikan itu dengan rencana marketing Anda, jika Anda cukup cerdik maka bukan tidak mungkin bahwa social media ini bisa menjadi salah satu strategi andal dalam menggunakan social media marketing untuk hotel.

Hal pertama yang harus Anda lakukan tentunya adalah mendaftarkan lokasi hotel Anda di Foursquare.

Setelahnya, jangan lupa untuk mengadakan promosi-promosi menarik untuk menarik pelanggan untuk melakukan check-in ketika mereka menginap di hotel Anda. Sebagai contoh, Anda dapat menawarkan promosi yang akan memberi diskon pada tamu yang melakukan check-in di Foursquare dan membagikannya di social media mereka. Hal ini bisa jadi strategi yang mudah dan murah untuk lebih mengenalkan hotel Anda pada khalayak lebih luas.

Baca juga artikel kami tentang ‘ide marketing unik untuk hotel Anda’ di sini.

  • Daur ulang konten Anda

Ketika menggunakan social media marketing untuk hotel, salah satu hal yang paling merepotkan tentunya adalah masalah konten. Mungkin akan sangat melelahkan untuk terus-terusan memproduksi konten yang menarik bagi seluruh akun social media hotel Anda.

Namun demikian, sebenarnya Anda tidak perlu repot-repot melakukan hal ini karena Anda dapat mendaur ulang konten untuk diposting di social media yang hotel Anda miliki.

Sebagai contoh, sebuah blog post yang membahas destinasi wisata di kota Anda bisa juga didaur ulang menjadi trivia singkat yang dapat Anda post di Twitter atau Facebook. Dengan materi yang sama, Anda juga bisa menggunakannya untuk membuat materi gambar yang bisa Anda posting di akun Instagram hotel Anda. Mudah, bukan?

  • Konten yang kocak dan menarik adalah kunci

Dalam mendayagunakan social media marketing untuk hotel, kunci utama yang harus Anda ingat adalah pentingnya untuk memproduksi konten yang menarik. Jangan terpaku dengan topik-topik serius seperti analisis dunia perhotelan karena para konsumen tidak akan terlalu peduli pada hal semacam itu. Cobalah untuk menulis lebih banyak tentang hal-hal yang berguna bagi konsumen Anda, seperti tips berkendara yang aman ataupun tips cara booking hotel yang mudah dan murah. Anda juga bisa coba memposting gambar-gambar menarik yang tentunya akan membuat akun social media hotel Anda bisa lebih populer.

Menggunakan social media marketing untuk hotel sebenarnya tidak serumit yang Anda bayangkan.

Ketika Anda sudah bisa memahami budaya social media, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk dapat menggunakannya untuk kepentingan bisnis. Bukan berarti bahwa marketing dengan strategi lain menjadi tidak penting, karena social media marketing untuk hotel seharusnya hanya menjadi strategi pendukung bagi strategi marketing hotel Anda secara garis besar. Jika Anda sudah bisa menggunakan social media marketing untuk hotel Anda dan dapat benar-benar menggunakannya secara tepat, bukan tidak mungkin bahwa pendapatan optimum dan tingkat okupansi yang tinggi hanya beberapa langkah di depan mata.

1 Comment

Leave A Comment

Your email address will not be published.