Cara Cerdas untuk Membuat Biaya Operasional Hotel Anda Lebih Efisien

technology use for efficient hotel operation

Dalam persaingan industri perhotelan yang semakin ketat dan kompetitif, kemampuan untuk mengelola biaya operasional hotel secara efisien adalah hal yang sangat penting. Seiring dengan semakin tingginya pengeluaran hotel, para pelaku industri perhotelan harus benar-benar mampu untuk bijaksana dalam mengelola biaya operasional hotel. Walaupun sudah banyak hotel yang memiliki rancangan pengeluaran hotel, tetapi akan lebih baik jika Anda merefleksikan kembali seberapa efisien biaya operasional hotel Anda saat ini. Hal ini karena seringkali hotel masih sering menghadapi tantangan berupa biaya operasional yang besar serta banyak sumber daya yang terbuang sia-sia. Oleh karena agar operasional hotel Anda dapat berjalan dengan baik, biaya operasional yang efisien adalah salah satu hal utama yang harus diperhatikan.

Mengelola operasional hotel dengan biaya yang efisien memang bukan hal yang mudah. Hal ini karena ada banyak biaya operasional yang saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan begitu saja. Oleh karena itu, mencatat dan menelusuri setiap pengeluaran hotel sangat penting untuk mengawasi efektivitas dari setiap biaya yang dikeluarkan. Secara sederhana, jika Anda mampu untuk mengurangi biaya-biaya yang tidak penting maka margin keuntungan yang didapatkan oleh hotel Anda akan semakin besar. Oleh karena itu, Anda dapat mulai dengan melihat kembali biaya-biaya yang tidak dapat dipisahkan dari operasional hotel, seperti biaya penggunaan, biaya sumber daya manusia serta biaya pemasaran. Dengan berfokus untuk melihat efektivitas dari pengeluaran di elemen biaya tersebut, maka Anda memiliki kesempatan untuk mengurangi biaya yang tidak dibutuhkan dan meningkatkan keuntungan hotel Anda. Dalam artikel ini Caption akan mengulas bagaimana Anda dapat mengurangi biaya yang tidak dibutuhkan dan mengelola biaya operasional hote secara lebih efisien.

Pertimbangkan Permintaan dan Pengalaman Tamu

Mengatur sumber daya manusia di hotel mungkin merupakan salah satu bagian paling rumit dalam operasional hotel. Sebagai contoh, operasional hotel dapat terganggu ketika terjadi kekurangan sumber daya manusia di hotel yang tentu saja aka berpengaruh pada kualitas layanan serta kepuasan tamu terhadap layanan hotel. Salah satunya adalah karena kurangnya staf resepsionis di hotel menyebabkan lamanya proses check in dan check out di hotel sehingga membuat tamu kecewa. Hal ini tentu saja tidak hanya merugikan hotel Anda dalam jangka waktu singkat tetapi juga merugikan bisnis Anda di masa yang akan datang karena hilangnya kepercayaan konsumen pada hotel Anda. Sementara itu jika kondisi hotel Anda kelebihan sumber daya manusia, maka terjadi pemborosan karena tenaga mereka tidak sepenuhnya digunakan secara maksimal. Oleh karena itu dibutuhkan efisiensi yang tepat sehingga pelayanan kepada tamu tetap maksimal tanpa pemborosan biaya untuk sumber daya manusia.

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk melakukan perencanaan operasional hotel yang efisien adalah dengan membuat perkiraan permintaan hotel.

Dengan mengetahui proyeksi permintaan hotel, maka Anda akan lebih mudah untuk mengatur jadwal staf hotel Anda ketika peak season maupun low season. Jika Anda sudah mengumpulkan data tersebut, maka Anda kemudian dapat memperkirakan bagian mana dari operasional hotel Anda yang paling terpengaruh dengan jumlah tamu yang menginap. Sebagai contoh, Anda dapat memutuskan berapa orang staf yang dibutuhkan untuk front office dan berapa orang yang dibutuhkan untuk housekeeping. Anda mungkin juga dapat mengambil langkah strategis seperti membuka lowongan kerja magang maupun part time untuk membantu operasional hotel Anda ketika peak season.

Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan kepuasan pengalaman menginap tamu dalam proses pengaturan staf Anda. Sebagai contoh Anda dapat menentukan standard berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh tamu ketika check in. Lalu Anda dapat melihat kondisi saat ini di hotel Anda berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses check in dan check out. Jika saat ini proses tersebut belum memenuhi standar, maka mungkin saat ini saat yang tepat untuk mengubah pola kerja atau proses bagian tersebut. Selain itu Anda bisa membuat standar operasional bagi setiap bagian atau divisi di hotel Anda sehingga memiliki proses kerja yang efisien dan optimal.

Baca juga artikel kami tentang cara praktis meningkatkan pelayanan hotel

carlos-muza-84523

Perencanaan yang Efisien untuk Mengurangi Biaya

Hampir sama dengan sumber daya manusia, pengelolaan sumber daya yang terbuang juga merupakan hal yang penting dalam mengelola operasional hotel yang optimal. Hal ini tidak hanya berarti mengurangi jumlah utilitas serta sumber daya yang terbuang, tetapi juga untuk memastikan hotel tidak kehabisan persediaan untuk mencukupi kebutuhan tamu. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk memiliki perkiraan jumlah tamu yang akan menginap sehingga Anda memiliki jumlah persediaan yang cukup. Selain itu, untuk barang yang dapat kadaluarsa Anda juga perlu mencatat berapa lama persediaan Anda dapat bertahan, serta mempertimbangkan hal tersebut dalam pengelolaan persediaan hotel Anda.

Dengan mengetahui perkiraan jumlah tamu, maka hal tersebut akan membantu Anda untuk menggunakan produk yang tepat di waktu yang tepat. Sebagai contoh, ketika peak season, Anda mungkin dapat menambah jumlah persediaan bahan makanan dan minuman untuk memenuhi okupansi hotel Anda yang tinggi. Sementara itu ketika low season Anda dapat mengurangi stok bahan makanan dan minuman karena jumlah tamu yang akan menginap lebih sedikit dari biasanya. Hal ini akan mengurangi stok bahan makanan yang terbuang serta mengurangi biaya yang tidak dibutuhkan.

Baca juga artikel kami tentang payment gateway dan merchant account.

Menggunakan Teknologi untuk Mempermudah Operasional Hotel

Teknologi saat ini sudah menjadi elemen yang penting dalam industri perhotelan. Sekarang teknologi tidak hanya berfungsi sebagai bagian dari fasilitas hotel tetapi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kegiatan operasional hotel. Dengan menggunakan teknologi yang tepat Anda dapat mengoptimalkan operasional hotel Anda serta memberikan layanan yang maksimal bagi tamu. Lebih lanjut, teknologi juga dapat membantu mengelola pengeluaran dan pendapatan hotel.

Salah satu manfaat dari penggunaan teknologi adalah efisiensi waktu.

Coba bayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan ketika proses check in jika dilakukan secara manual. Mungkin dibutuhkan waktu sekitar lima menit untuk menyelesaikan proses check in. Walau sebagian tamu mungkin dapat memahami keadaan tersebut, namun bagi sebagian tamu mungkin menganggap proses tersebut merupakan layanan yang kurang memuaskan. Oleh karena itu, sistem reservasi mungkin dapat membantu Anda untuk membantu proses tersebut lebih efektif dan efisien serta memberi layanan yang lebih baik bagi tamu.

Selain itu, Anda juga dapat mengelola dan membuat perkiraan ketersediaan kamar dengan menggunakan property management system. Dengan menggunakan sistem tersebut, maka Anda akan dapat mengetahui informasi dan data yang akurat mengenai tamu serta operasional hotel Anda. Sebagai contoh, daftar tamu yang menginap dapat memberi Anda informasi mengenai peak season, low season, kontribusi saluran distribusi, segmentasi tamu serta preferensi tamu. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan data dan informasi berkaitan dengan operasional hotel Anda, seperti jumlah kamar yang tersedia, kamar yang terjual , serta performa pendapatan hotel Anda dalam jangka waktu per hari, per bulan hingga per tahun. Data dan informasi tersebut akan sangat membantu Anda dalam menentukan strategi bisnis hotel Anda serta mengelola operasional hotel Anda agar lebih efektif dan efisien.

Baca juga artikel kami tentang cara meningkatkan direct sales hotel

Kesimpulan

Memahami data dan informasi terkait operasional hotel Anda saat ini serta perkiraan yang akurat terkait kemungkinan yang terjadi masa yang akan datang sangat penting untuk menyusun strategi yang tepat bagi operasional hotel Anda. Dengan memiliki data yang akurat serta melakukan pertimbangan ulang terhadap kegiatan operasional hotel, maka Anda akan dapat mengurangi hilangnya keuntungan karena sumber daya yang terbuang sia-sia maupun yang tidak terpakai. Dengan hal ini, maka Anda dapat menyesuaikan operasional hotel ketika peak season maupun low season.

Sebagai contoh ketika peak season Anda dapat menambah staf hotel Anda dengan karyawan paruh waktu untuk membantu hotel yang sedang penuh dengan tamu.

Selain itu, perkiraan jumlah tamu juga dapat membantu Anda untuk memperkirakan berapa banyak suplai bahan makanan yang Anda butuhkan. Oleh karena itu, dengan perencanaan yang baik, maka Anda akan dapat mempersiapkan kegiatan operasional hotel Anda dengan lebih baik serta lebih efisien.

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published.