Cara Jitu untuk Menghindari Review Negatif pada Hotel Anda

hotel service

Di jaman yang serba digital ini, mendapat review negatif pada hotel bisa memiliki konsekuensi yang besar pada bisnis Anda. Adanya kebiasaan baru untuk mencari internet validation pada kalangan wisatawan modern membuat sebuah review negatif pada hotel bisa menjadi kiamat kecil, terutama pada hotel kecil yang bergantung pada penjualan online. Ini berarti bahwa sebagai pengelola hotel Anda perlu benar-benar mengelola review yang Anda terima di situs-situs review hotel agar nantinya tidak merugikan bisnis Anda.

Apakah Anda tahu bahwa sebanyak 67% dari wisatawan akan batal melakukan reservasi di sebuah hotel ketika mereka melihat 1-3 review negatif pada hotel yang mereka lihat?

Hal ini memperlihatkan betapa tingginya pengaruh review online pada hotel. Penting bagi Anda untuk menghindarkan hotel Anda dari review negatif yang dapat menjadi penghalang bagi para konsumen potensial untuk menginap di hotel Anda. Menghapus review negatif yang Anda dapat tidak akan menyelesaikan masalah karena banyaknya situs review yang tersedia membuat kemungkinan review negatif tersebut muncul di situs lain masih tetap besar. Lalu apa yang bisa Anda lakukan?

  • Pahami sumbernya

Banyaknya situs review hotel yang beredar di dunia internet bisa menjadi masalah bagi anda yang ingin menghindarkan diri dari review negatif pada hotel. Sangatlah penting bagi Anda untuk memahami situs mana saja yang berpengaruh pada bisnis Anda, sehingga Anda tidak perlu repot-repot melihat seluruh situs review untuk menginspeksi review negatif yang Anda dapat.

TripAdvisor masih menjadi salah satu situs review hotel terbesar yang berpengaruh pada dunia perhotelan. Dengan audiens sebanyak lebih dari 50 juta orang setiap harinya, review negatif yang muncul pada situs ini tentunya akan cukup berpengaruh pada penjualan hotel Anda. Dengan demikian, ada baiknya Anda menaruh perhatian lebih pada situs ini. Luangkan waktu untuk membuat akun hotel Anda dan benar-benar menangani setiap review negatif yang ada. Untuk mempelajari lebih dalam mengenai sistem ranking TripAdvisor, Anda bisa baca di sini.

Baca juga artikel kami tentang ‘konsep hotel inovatif’ di sini.

  • Lihat itu sebagai aset yang berharga

Membaca review negatif pada hotel Anda bisa jadi menyakitkan. Kebanyakan pengelola hotel melihat review negatif yang mereka terima sebagai hal yang negatif dan akan menjadi mimpi buruk dalam bisnis mereka. Memang benar bahwa hal ini tentu akan berpengaruh pada bisnis Anda, namun bukan berarti anda tidak bisa menggunakannya untuk sesuatu yang bermanfaat.

Review negatif yang Anda dapat sebenarnya dalah aset yang berharga. Review-review tersebut bertindak kurang lebih seperti inspeksi gratis dari para pelanggan Anda. Cobalah untuk melihatnya sebagai upaya para pelanggan untuk membuat hotel Anda menjadi lebih baik. Jika demikian, mendapat review negatif pada hotel tidak lagi menjadi hal yang selalu menyedihkan, bukan?

Baca juga artikel kami tentang ‘strategi social media marketing’ di sini.

  • Meminta maaf

Tidak ada yang salah dengan meminta maaf. Sebagai industri yang dikelola oleh berbagai macam orang dengan latar belakang dan kualitas yang berbeda-beda, adalah wajar bahwa Anda membuat kesalahan. Tidaklah mungkin bagi anda untuk melakukan semuanya dengan sempurna.

Salah satu cara yang tepat untuk menangani review negatif pada hotel tentunya adalah dengan meminta maaf. Anda bisa coba untuk meminta maaf secara langsung melalui situs review hotel di mana review itu berada. Jika kesalahan yang Anda buat cukup besar, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengirimkan hadiah kecil sebagai ungkapan permintaan maaf pada pelanggan Anda. Mungkin hal ini terdengar menyita anggaran, namun tentunya semua ini akan sebanding dengan kepercayaan pelanggan yang bisa Anda raih kembali.

Baca juga artikel kami tentang ‘ide personalisasi hotel’ di sini.

  • Tangani dengan segera

Tidak ada trik lain yang lebih manjur daripada benar-benar menangani masalah yang ada dalam review negatif yang Anda dapat. Terutama ketika masalah yang dikemukakan adalah masalah infrastruktur ataupun pelayanan, bertindaklah dengan cepat dan perbaiki masalah yang ada dengan segera. Hal ini tentu akan menghindarkan pelanggan Anda dari mengalami masalah yang sama untuk kedua kalinya.

Baca juga artikel kami tentang ‘peringkat TripAdvisor’ di sini.

  • Maksimalkan peran survei kepuasan pelanggan

Hal lain yang penting untuk menghindarkan Anda dari review negatif pada hotel adalah dengan mempergunakan survei kepuasan pelanggan dengan baik. Meminta pelanggan Anda untuk mengisi survei kepuasan pelanggan memang sudah menjadi hal yang umum dalam dunia perhotelan, namun apakah Anda benar-benar menggunakannya? Selalu dengarkan saran dan kritik dari konsumen Anda dan cobalah sebisa mungkin untuk bekerja memperbaiki diri.

Jadi, bagaimana menurut Anda? Mendapat review negatif pada hotel yang Anda kelola bukan berarti kiamat pada bisnis hotel Anda. Jika Anda bisa benar-benar memahami bagaimana menanganinya, niscaya pengelolaan hotel di masa depan adalah hal yang mudah bagi Anda.

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published.