Fitur Penting pada Booking Engine yang Harus Anda Miliki

hotel website

Kebutuhan booking engine dalam dunia perhotelan kian meningkat sejalan dengan perkembangan teknologi. Dominasi reservasi secara online dalam industri perhotelan masa kini memang tidak dapat dipungkiri. Pada umumnya, kini jumlah reservasi suatu hotel sebagian besar berasal dari reservasi online. Hal ini memperlihatkan betapa pentingnya peran booking engine yang Anda miliki dalam mengelola bisnis hotel Anda.

Sebagaimana yang kita ketahui, kompetisi dalam dunia perhotelan masa kini memang cukup berbeda dengan kompetisi pada sepuluh tahun yang lalu. Jika sepuluh tahun yang lalu Anda tidak perlu mengkhawatirkan desain website ataupun konsumen millennial; semuanya telah berubah sekarang. Kompetisi perhotelan dewasa ini menuntut Anda untuk melakukan lebih daripada sekedar membersihkan kamar dan mengganti seprai. Kerasnya persaingan menuntut Anda tidak hanya untuk beradaptasi dengan teknologi, namun juga memahami bagaimana menggunakannya untuk kepentingan bisnis Anda. Lalu bagaimana seharusnya sebuah booking engine didesain?

Jika hotel Anda sudah terbiasa dengan bantuan OTA dalam masalah pemasaran, Anda mungkin tidak berpikir bahwa memiliki sebuah booking engine pada website Anda sebagai sesuatu yang penting. Namun bukan berarti bahwa itu benar-benar tidak penting. Mengalihkan arus reservasi dari OTA ke booking engine Anda sendiri tentu akan jauh lebih menguntungkan dari segi bisnis karena Anda tidak harus membayar komisi yang tinggi sebagaimana yang harus Anda lakukan kepada OTA. Meskipun membangun sebuah booking engine terdengar seperti sesuatu yang rumit, jika Anda memahaminya maka semua bisa jadi lebih mudah.

Apa itu booking engine?

Secara garis besar, booking engine adalah suatu sistem khusus yang dipergunakan untuk memfasilitasi konsumen untuk mereservasi kamar di hotel Anda. Fungsi ini biasanya akan disematkan pada website suatu hotel, sehingga konsumen dapat dengan mudah memesan kamar melalui website hotel itu sendiri. Ini tentu memudahkan konsumen Anda untuk memesan kamar karena mereka dapat melakukannya secara mobile.
Jika Anda berencana untuk menambahkan fungsi booking pada website hotel Anda atau mungkin sedang mencari inspirasi fitur yang penting pada suatu booking engine, ulasan di bawah ini mungkin akan membantu.

Desain yang responsif dan multi-platform

Salah satu aspek yang paling penting dalam sebuah fitur booking tentu adalah kemampuannya untuk bisa responsif. Jika website Anda membutuhkan waktu yang lama untuk dibuka, maka kecil kemungkinannya bahwa konsumen Anda akan berminat untuk memesan kamar melalui website hotel Anda. Hal ini memperlihatkan betapa pentingnya untuk membuat website Anda seresponsif mungkin.
Selain responsif, sebelum menyematkan fungsi booking pada website hotel Anda juga harus mempertimbangkan untuk menambahkan fungsi multi-platform pada website Anda. Perkembangan teknologi membuat kebanyakan orang mengakses website melalui ponsel mereka. Hal ini membuatnya menjadi penting untuk mendesain website Anda agar mudah diakses dari segala jenis gadget.

Fitur penyimpanan

Beberapa konsumen terkadang tidak melanjutkan proses reservasi yang mereka lakukan di website hotel Anda. Alasannya bisa sangat beragam, mulai dari masalah teknis hingga kesulitan lainnya. Anda dapat mengambil kesempatan untuk tetap mempertahankan konsumen seperti ini dengan menyediakan fitur penyimpanan pada booking engine Anda.
Prinsipnya sederhana, konsumen dapat menyimpan item reservasi mereka dan mengirimkannya ke email dengan satu tombol saja. Fitur ini tentu penting untuk memberi kemudahan bagi para konsumen yang masih belum memutuskan untuk benar-benar mereservasi kamar untuk dapat menyimpan item pesanan mereka.

Fungsi shopping cart

Salah satu masalah terbesar dalam memesan kamar melalui website adalah sulitnya memesan banyak kamar sekaligus. Anda dapat memecahkan permasalahan ini dengan menyediakan fungsi shopping cart dalam booking engine Anda. Layaknya fungsi tas belanja, fungsi ini akan memudahkan konsumen untuk memesan banyak kamar sekaligus tanpa harus memesan berkali-kali.
Jika Anda memiliki lebih dari satu properti, Anda juga dapat menggunakan fungsi ini untuk memberikan keleluasaan bagi konsumen Anda untuk memesan di hotel berbeda yang masih dalam managemen hotel Anda. Hal ini tentu menjadi fitur yang akan sangat membantu pengelolaan beberapa hotel sekaligus. Selain itu, properti Anda yang lain juga akan dapat dipromosikan secara tidak langsung.

Fungsi call-to-continue

Meskipun perkembangan teknologi sudah sedemikian rupa, beberapa konsumen masih ragu dan ingin lebih yakin lagi dengan menelpon hotel secara langsung untuk memastikan pesanannya sudah diterima. Hal ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda untuk menambahkan fitur call-to-continue pada booking engine di website Anda. Fungsi ini akan memungkinkan konsumen untuk menelpon langsung ke front desk dan memastikan pesanan yang telah dipesan sebelumnya. Meskipun kedengarannya sepele, fungsi ini bisa menjadi sangat membantu bagi konsumen yang belum terlalu familiar dengan online booking.

Kupon diskon

Promo diskon merupakan salah satu strategi andalan bagi beberapa hotel untuk mendongkrak penjualannya. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menambahkan fitur kupon diskon pada booking engine Anda untuk membuatnya semakin fungsional. Tidak perlu khawatir bahwa pemasukan Anda akan berkurang karena tidak semua promo diskon harus berakhir dengan kerugian.

Fungsi add-ons

Ketika sebagian besar booking engine berfokus pada reservasi kamar, Anda bisa maju selangkah dan menambahkan fitur add-ons pada website Anda. Fitur ini akan memungkinkan konsumen untuk dapat memesan fasilitas tambahan dalam reservasi mereka, seperti memilih menu sarapan, membeli paket spa, bahkan mungkin menambahkan jasa airport transfer. Tidak hanya mempermudah konsumen Anda, fitur ini juga bisa menjadi sarana promosi yang tepat bagi fasilitas tambahan yang ada di hotel Anda.

Jadi, bagaimana menurut Anda? Membangun suatu booking engine memang tidak melulu soal masalah teknis. Jika Anda dapat melihat lebih dalam dari sudut pandang konsumen, bukannya tidak mungkin bahwa Anda bisa mendesain suatu booking engine yang personal dan efisien bagi konsumen Anda.

YOU MIGHT ALSO LIKE

3 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published.