Kenali Jenis Biaya dari Payment Gateway Anda

hotel payment gateway fee

Penting bagi hotel untuk memperluas bisnis mereka dengan meningkatkan kehadiran mereka secara online, terutama di hadapan para konsumen. Kompetisi hotel di era modern mengharuskan hotel untuk lebih adaptif terhadap teknologi. Hal ini tidak hanya penting untuk bersaing dengan hotel lain yang sudah beradaptasi dengan teknologi. Anda juga membutuhkan hal ini untuk dapat mengakomodasi wisatawan modern. Distribusi online di era modern bertindak layaknya gerbang utama untuk menarik para konsumen global. Membuat sarana direct booking dalam website hotel Anda tentunya dapat mempermudah konsumen dalam memesan akomodasi yang hotel Anda sediakan.

Setelah memahami tentang payment gateway pada artikel sebelumnya, kini saatnya Anda belajar lebih banyak tentang biayanya. Sebelum memiliki sarana direct booking pada website hotel Anda, tentunya terlebih dahulu Anda telah memiliki payment gateway yang memadai, sehingga hotel Anda nantinya dapat menerima pembayaran melalui jalur tersebut. Dengan payment gateway, hotel Anda dapat menerima pembayaran dengan berbagai cara transaksi. Tentunya hal ini layaknya investasi bagi hotel Anda kedepannya. Tetapi banyak yang harus dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk mengaplikasikan payment gateway, terutama masalah harga. Banyak penyedia payment gateway yang menawarkan berbagai macam jasa yang dapat Anda sesuaikan dengan segala kebutuhan bisnis Anda serta anggaran yang Anda miliki. Berikut Caption memberikan penjelasan lebih mengenai biaya-biaya yang biasanya dibebankan oleh penyedia payment gateway.

Apa itu payment getaway?

Jika merchant bertindak sebagai jembatan antara Anda dan konsumen, payment getaway juga bertindak sebagai penghubung dalam bisnis Anda. Payment gateway adalah layanan online yang menyediakan transmisi aman untuk informasi kartu, termasuk pengecekan terhadap penipuan, verifikasi dana konsumen yang tersedia, serta mendebit jumlah yang diperlukan dari rekening konsumen. Payment gateway bekerja sebagai jembatan antara website hotel Anda dan juga sistem perbankan. Di dalam prosesnya, konsumen Anda tidak akan berinteraksi langsung dengan Anda. Semua informasi akan disampaikan melalui payment gateway melalui jaringan keuangan relevan, pada merchant account Anda. Kemudian merchant account Anda akan mengotorisasi kartu serta menerima pembayaran. Dana tersebut kemudian akan disimpan sementara dalam jangka waktu yang singkat, sebelum kemudian akan ditransfer pada rekening bisnis Anda.

Apa saja biaya dasar Payment Gateway?

1. Biaya transaksi

Payment gateway akan membebankan beberapa biaya kepada Anda untuk menggunakan jasa yang mereka sediakan. Anda akan diminta untuk membayar biaya tetap setiap transaksi dan presentase dari setiap pembelian, atau gabungan dari keduanya. Contohnya, Anda akan dibebankan sejumlah 2.5% + Rp.5000 pada setiap transaksi. Biaya transaksi ini mengharuskan Anda untuk membayar sejumlah persentase berdasarkan payment gateway yang Anda gunakan sebesar sekitar 2%-5% pada setiap transaksi. Biaya refund diwajibkan bagi beberapa penyedia payment gateway terlepas dari apapun alasan refund tersebut. Jika terjadi kasus penipuan atau pencurian identitas, para penyedia payment gateway akan meminta biaya refund yang lebih tinggi.

Baca juga artikel kami tentang potensi wisata bisnis di sini.

2. Biaya bulanan

Beberapa penyedia payment gateway akan membebankan Anda dengan biaya bulanan karena Anda telah melakukan langganan terhadap jasa mereka. Biaya ini merupakan biaya terbesar yang harus Anda bayar dalam seluruh skema payment gateway. Biaya bulanan ini jenisnya berbeda-beda dan biasanya berdasar pada jumlah pembayaran yang diproses dan banyaknya rekening bank yang berhubungan dengan pembayaran yang ada. Tentunya akan ada tambahan biaya bulanan jika Anda meminta jasa tambahan seperti jasa mendeteksi penipuan dan juga layanan konsumen.

Beberapa payment gateway meminta bisnis Anda untuk mencapai biaya tagihan yang telah ditargetkan. Dan jika tidak, mereka akan membebankan Anda biaya tambahan. Ini dinamakan biaya minimum. Namun, tidak semua penyedia payment gateway memberlakukan biaya minimum. Maka dari itu, Anda harus lebih cermat dalam memilih penyedia payment gateway dan menyesuaikan jenis jasa yang ditawarkan dengan kebutuhan dan anggaran yang Anda miliki. Gateway fee atau biaya portal adalah biaya bulanan terkait jasa proses yang telah disediakan oleh penyedia payment gateway, contohnya adalah proses transmisi data kartu konsumen dan juga persetujan atau penolakan transaksi.

Baca juga artikel kami tentang strategi social media marketing di sini.

3. Biaya pemasangan

Biaya pemasangan biasanya hampir selalu dibebankan oleh seluruh penyedia payment gateway. Biaya ini berhubungan dengan segala macam biaya yang dibutuhkan untuk pemasangan payment gateway. Ini merupakan biaya pertama yang harus Anda bayar, dan Anda cukup membayar sekali. Biaya ini seharusnya tidak membatasi Anda dari tidak mengaplikasikan payment gateway karena ini adalah biaya standar dan biasanya selalu dibebankan oleh seluruh penyedia payment gateway.

Apakah ada biaya tambahan?

Terkadang ada biaya tambahan diluar biaya standar untuk beberapa penyedia payment gateway. Hal ini tergantung pada penyedia, dan juga tergantung pada kebutuhan setiap pengguna. Biaya verifikasi alamat adalah biaya yang harus Anda bayar setiap kali alamat tagihan yang diisi sesuai dengan alamat yang tersimpan dalam data perusahaan. Kemudian, jika Anda membatalkan akun Anda terlalu dini jika berdasarkan kontrak, maka Anda dapat saja dikenai biaya pembatalan. Mungkin saja pernyataan di dalam kontrak menyatakan bahwa Anda dapat membatalkan kapan saja, dan bahwa tidak ada kontrak apapun mengenai pembatalan. Namun perlu diingat bahwa pernyataan tersebut terkadang hanya merujuk kepada payment gateway, bukan merchant account Anda. Di dalam kasus ini, Anda tidak bisa menggunakan sistem yang ada hanya dengan merchant account bukan?

Chargeback fee atau biaya penolakan adalah biaya yang harus Anda bayar terkait sengketa yang diajukan oleh pelanggan Anda. Chargeback fee merupakan sebulah proteksi bagi konsumen yang disediakan oleh bank penerbit, yang memungkinkan pemegang kartu untuk mengajukan keluhan terkait transaksi penipuan yang merugikan mereka. Saat konsumen mengajukan sengketa, bank penerbit kemudian akan melakukan investigasi terhadap keluhan tersebut. Konsumen dapat mengajukan sengketa berdasarkan banyak hal, seperti kartu kredit yang tidak dapat diproses, barang yang tidak diterima dan masalah teknis.

Penting untuk hotel Anda untuk mempelajari mengenai sistem harga payment gateway. Saat ini pembayaran melalui media online sudah sangat lumrah dan menjadi bagian yang penting dalam industri perhotelan. Para wisatawan pun bergantung pada manfaat yang ditawarkan oleh adanya kemudahan dalam bertransaksi online di kehidupan sehari-hari mereka. Setiap payment gateway memiliki karakteristik mereka masing-masing yang harus Anda perhatikan sebelumnya. Setiap penyedia payment gateway memiliki pengaturan, regulasi dan struktur biaya yang berbeda-beda. Hotel Anda dapat mengimplementasikan booking engine dalam sistem reservasi hotel Anda yang terintegerasi, yang juga akan terhubung dengan payment gateway. Tentunya ini akan membantu konsumen dalam membuat reservasi hotel yang aman dan pada saat yang bersamaan menawarkan kemudahan bagi konsumen.

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published.