Memahami Revenue Management pada Hotel: Apa yang Harus Kita Lakukan Selanjutnya? (Bagian 3)

hotel revenue management

Artikel ini adalah artikel terakhir dari seri artikel Caption tentang revenue management pada hotel. Pada seri artikel yang pertama, Anda telah mempelajari komponen dasar dari revenue management. Sedangkan pada artikel kedua, Anda telah memahami bagaimana menggunakan revenue management untuk mengelola hubungan hotel Anda dengan OTA. Lalu apa yang harus Anda lakukan sekarang?

Mempelajari tentang revenue management memang bukan hal yang mudah.

Setelah Anda memahami tentang revenue management pada hotel secara umum, kini saatnya Anda beralih ke materi pembelajaran berikutnya. Hal lain yang juga tidak kalah pentingnya dalam memahami revenue management tentunya adalah memutuskan apa yang bisa kita lakukan untuk lebih mengoptimalkan pendapatan hotel secara umum.

Sebagaimana yang kita pahami dalam artikel sebelumnya, revenue management pada hotel pada dasarnya adalah memahami bisnis hotel itu sendiri. Anda harus memiliki pemahaman yang jelas dan mendalam mengenai target pasar Anda, sehingga rencana marketing yang Anda buat nantinya akan sesuai dengan sasaran yang ingin Anda tuju. Hal ini tentu penting untuk mempersiapkan rencana yang matang agar bisnis Anda berjalan sesuai dengan harapan Anda.

Apa yang kita miliki sekarang?

Apa yang bisa kita lihat dari industri hotel masa kini? Dari sekian banyak hal yang bisa Anda pahami dari mengimplementasikan strategi revenue management pada hotel, berikut beberapa hal yang bisa Anda garisbawahi.

  • Jaminan harga

Harga telah menjadi isu yang sensitif dalam bisnis perhotelan di masa kini. Seperti yang kita tahu, online travel agent (OTA) bisa saja menciptakan perangkap harga yang demikian kejam yang tentunya akan berpengaruh pula pada total pendapatan yang dapat Anda raih. Beberapa OTA bahkan memiliki regulasi khusus yang tidak memperbolehkan Anda untuk memasang harga yang lebih murah di website Anda sendiri. Ini tentu akan menjadi masalah besar karena akan semakin sulit bagi Anda untuk lepas dari ketergantungan dengan OTA. Di sisi lain, ini juga berarti bahwa direct booking ke website hotel Anda pun akan semakin sulit untuk didapatkan karena adanya perang harga yang sengit antara website Anda dan OTA.

  • Metasearch

Metasearch telah menjadi sesuatu yang cukup berpengaruh pada bisnis perhotelan beberapa tahun belakangan. Tren OTA yang menguasai sebagian besar jalur distribusi hotel membuat penggunaan OTA semakin diminati oleh para konsumen. Ketika Anda berjuang keras untuk berperang melawan dominasi OTA di bidang distribusi, para OTA di luar sana juga saling berperang satu sama lain. Semua karena metasearch.

Metasearch sendiri pada dasarnya adalah fungsi pencarian yang memberikan Anda hasil pencarian yang komprehensif dari beberapa website pada sekali waktu.

Sebagai contoh, jika Anda mencari kamar untuk tanggal tertentu di kota tertentu, maka metasearch akan memberikan hasil perbandingan dari segala website OTA untuk satu kamar hotel yang sama. Ini bisa menjadi awal dari perang harga yang lebih hebat lagi karena berarti perang harga itu sendiri terjadi di level bawah antara hotel dan OTA maupun atas antar OTA.

Baca juga artikel kami mengenai ‘cara meningkatkan direct booking‘ di sini.

  • Melimpahnya informasi

Perkembangan teknologi tidak bisa dipungkuri memang terjadi demikian cepat dan pesat. Anda kini dapat mengakses berbagai macam informasi, mulai dari traffic website hingga haisl analitik lainnya; semua dalam hitungan detik. Kemudahan ini bisa menjadi senjata yang mematikan dalam memenangkan kompetisi hotel, jika Anda paham bagaimana cara menggunakannya. Jumlah informasi yang melimpah ini bisa menjadi aset yang berharga untuk mengelola hotel Anda secraa lebih baik.

Baca juga artikel kami mengenai ‘strategi pemasaran hotel melalui internet‘ di sini.

  • Teknologi yang canggih

Salah satu perbedaan paling mendasar antara hari ini dan 20 tahun yang lalu adalah tentang perkembangan teknologi. Komputer memang sudah ada sejak setidaknya 20 tahun yang lalu, namun kita tahu bahwa teknologi yang ada pada komputer jauh berkembang secara pesat sejak itu. Ini menunjukkan bagaimana perkembangan teknologi yang demikian cepat dan tidak terkendali.

Ini juga berarti sangat penting dalam mengaplikasikan revenue management pada hotel. Kini ada lebih banyak teknologi yang bisa Anda gunakan untuk mengelola hotel Anda dan membuat segalanya menjadi lebih mudah. Ini menunjukkan betapa teknologi juga telah mengubah pengelolaan hotel secara umum.

Apa yang bisa kita antisipasi?

Lalu apa yang bisa kita antisipasi dari keadaan-keadaan di atas? Hal-hal di bawah ini bisa menjadi gambaran bagi Anda untuk mempersiapkan strategi marketing yang sesuai dengan ramalan keadaan yang akan terjadi. Memang benar adanya bahwa hal-hal di bawah ini belum tentu terjadi, namun ada baiknya Anda bersiap-siap, bukan?

  • Perang harga

Seperti yang kita tahu, perang harga merupakan sesuatu yang tidak terhindarkan seiring dengan meningkatnya penggunaan OTA dalam distribusi hotel. Ketergantungan suatu hotel kepada OTA bisa menjadi tantangan besar dalam menerapkan revenue management pada hotel karena tentu sulit kemudian untuk mencapai hasil yang optimal.

Peran OTA sebagai media promosi terkadang membuat Anda terjebak di perangkap harga.

Beberapa OTA bahkan memiliki kebijakan yang melarang Anda untuk memasang harga yang lebih murah di website Anda sendiri. Hal ini tentu berbahaya bagi bisnis Anda karena seringkali Anda terpaksa harus memangkas habis rate hotel agar bisa bersaing dengan yang lain. Namun inikah satu-satunya cara untuk bertahan?

Tentu tidak. Anda bisa keluar dari perangkap perang harga dengan perlahan mengurangi ketergantungan Anda terhadap OTA. Tidakkah Anda berpikir bahwa menggantungkan penjualan Anda kepada OTA sebenarnya adalah sia-sia karena jumlah komisi yang harus dibayarkan demikian tinggi? Cobalah secara perlahan untuk mengurangi ketergantungan Anda pada OTA dan mengalihkan reservasi ke website hotel Anda secara langsung. Pelajari lebih lanjut tentang hal ini di artikel ini.

Baca juga artikel kami mengenai ‘fitur penting yang harus ada pada booking engine‘ di sini.

  • Metasearch terkadang bisa jadi merepotkan

Berkembangnya metasearch memang sangat mempengaruhi bisnis perhotelan secara umum. Semakin banyak orang yang menggunakan metasearch maka semakin besar pula tekanan bagi pengelola hotel untuk selalu memberikan harga yang termurah di antara hotel lain. Hal ini tentu akan sangat mengganggu karena itu berarti bahwa keuntungan yang Anda dapat pun juga tentunya akan berkurang.

Semakin jelas bahwa penting untuk Anda agar dapat bisa menentukan harga tanpa ada intervensi dari pihak eksternal. Tekanan dari OTA bisa jadi membuat Anda demikian tertekan hingga harga yang Anda tetapkan pun menjadi demikian rendah dan tidak menguntungkan dari kacamata bisnis. Inilah yang harus Anda hindari. Cobalah untuk selalu mengedepankan kepentingan bisnis Anda dalam proses penentuan harga.

Baca juga artikel kami mengenai ‘wisatawan millennial‘ di sini.

  • Data yang melimpah bisa menjadi masalah

Kemudahan untuk mengakses data bisa menjadi jebakan yang membahayakan bagi pengaplikasian revenue management pada hotel. Jumlah data yang demikian melimpah bisa menjadi masalah jika Anda tidak bisa mengelolanya dengan baik. Keadaan ini tentu bukan hal yang Anda mau dalam pengelolaan hotel Anda.

Pemahaman yang baik tentang data apa saja yang bisa Anda gunakan dalam mengatur revenue management pada hotel adalah mutlak. Anda harus memiliki framework kerja yang jelas terlebih dahulu sebelum beranjak ke proses pengambilan data dan lainnya. Ini berarti bahwa Anda juga harus benar-benar memahami bisnis Anda.

Kesimpulan

Pada dasarnya, memahami pengaplikasian revenue management pada hotel tidak berarti apapun tanpa eksekusi yang tepat. Perlu diingat bahwa pengetahuan yang mendalam mengenai revenue management pada hotel adalah penting, namun lebih penting lagi adalah untuk melakukan eksekusi rencananya dengan baik dan benar pula. Bagaimana menurut Anda?

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published.