Memilih Channel Manager yang Tepat untuk Hotel Anda (bagian 1)

hotel revenue analysis

Kegunaan dari channel manager dalam dunia perhotelan memang tidak dapat diragukan lagi dalam bisnis hotel dewasa ini. Sebagaimana yang kita tahu, kompetisi perhotelan dalam jaman yang serba digital ini membuat hotel sulit untuk menafikan peran besar dari online travel agent (OTA) dalam meningkatkan jumlah pelanggan. Ketergantungan hotel pada OTA juga dapat dilihat dari banyaknya hotel yang tergabung dengan lebih dari satu OTA dalam satu waktu karena sulit untuk menilai OTA mana yang paling efektif untuk mendatangkan pelanggan. Di sinilah memilih channel manager yang tepat menjadi penting dalam menjaga kelangsungan bisnis hotel Anda. Dalam artikel ini, Caption akan membantu Anda untuk memilih channel manager yang tepat bagi hotel Anda.

Apa itu channel manager?

Secara garis besar, channel manager adalah suatu platform yang membantu Anda untuk mengelola beberapa saluran distribusi sekaligus.

Dalam bisnis hotel modern, channel manager biasanya berfungsi untuk menjembatani hotel dengan beberapa OTA sekaligus. Ketika Anda terkoneksi dengan OTA, mengatur mereka secara sekaligus bisa menjadi sangat merepotkan. Inilah mengapa memilih channel manager yang tepat menjadi penting untuk menopang bisnis Anda.

Biaya yang harus Anda bayar untuk bisa menikmati bantuan dari channel manager pun beragam. Meskipun beberapa channel manager gratis menawarkan jasa secara cuma-cuma, versi berbayar selalu lebih baik. Dalam memilih channel manager yang tepat bagi hotel Anda, masalah biaya tentunya tidak dapat dikesampingkan. Namun demikian, ada beberapa kriteria lain yang harus Anda pertimbangkan.

memilih channel managerApa saja yang harus Anda lihat dari sebuah channel manager?

Dalam perjalanan memilih channel manager untuk bisnis hotel Anda, ada beberapa kriteria yang patut Anda pertimbangkan untuk mendapatkan channel manager yang benar-benar tepat untuk bisnis Anda.

  • Jenis koneksi

Salah satu hal yang wajib Anda perhatikan dalam memilih channel manager adalah melihat jenis koneksi yang ia miliki. Sebagai pihak ketiga dalam hubungan antara Anda sebagai pemilik hotel dan OTA, jenis koneksi sangat penting untuk melihat seberapa fungsional channel manager dalam membantu bisnis hotel Anda. Beberapa channel manager tidak memiliki fungsionalitas untuk membangun XML links yang akan berdampak pada ketidakmampuannya dalam mengganti harga dan inventory hotel secara langsung. Hal ini tentu akan membuat fungsi channel manager itu sendiri menjadi tidak optimal. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memastikan koneksi seperti apa yang dimiliki oleh channel manager anda.

Baca juga artikel kami tentang social media marketing di sini.

  • Fungsi-fungsi dasar

Fungsi utama sebuah channel manager adalah untuk membantu hoterlier mengatur inventori secara real-time pada berbagai OTA yang terhubung dengannya. Untuk menjalankan hal tersebut, beberapa fungsi dasar seperti stop sell, Minimum length of stay (MLOS) dan tentunya fungsi untuk mengganti harga dan ketersediaan kamar harus ada dalam channel manager Anda.

Baca juga artikel kami tentang revenue management di sini.

  • Strategi supply chain

Dalam operasional channel manager, setidaknya terdapat dua strategi supply chain yang umumnya dimiliki, yaitu Push strategy dan Pull-Push strategy. Push strategy adalah strategi dimana produk ditampilkan di depan konsumen untuk memastikan bahwa konsumen sadar dengan keberadaan produk tersebut. Strategi ini cocok untuk jenis barang yang biasanya dibeli secara impulsif. Sedangkan Pull strategy adalah strategi dimana konsumen didorong untuk secara aktif mencari informasi mengenai produk yang dicari. Strategi ini cocok untuk bisnis-bisnis yang telah memiliki nama besar dan hubungan yang baik dengan konsumen mereka.

Untuk memahami strategi mana yang paling cocok dengan bisnis Anda, pemahaman yang komprehensif tentang bisnis Anda sendiri tentunya penting. Hal-hal dasar seperti segmentasi dan kondisi keuangan Anda penting untuk menakar strategi manakah yang paling cocok bagi hotel Anda.

Baca juga artikel kami tentang booking engine di sini.

  • Bisakah Anda terhubung dengan channel baru?

Hal lain yang tidak kalah penting dalam memilih channel manager yang tepat bagi hotel Anda adalah kemudahan untuk menambah koneksi terhadap channel baru. Bisnis hotel dapat berkembang demikian cepatnya, dan terkadang Anda perlu menambah koneksi dengan saluran distribusi yang baru untuk menaikkan jumlah tamu yang menginap di hotel Anda. Hal ini tentu menjadi penting untuk memiliki channel manager yang memiliki kemudahan opsi untuk menambah koneksi dengan channel baru tanpa birokrasi yang rumit.

Baca juga artikel kami tentang ide personalisasi hotel di sini.

  • Seberapa multitasking channel manager Anda?

Ketika Anda terhubung dengan lebih dari satu OTA, penting untuk memiliki channel manager yang dapat diandalkan dalam mengatur segala aktivitas Anda secara lintas platform. Ketika Anda memilih channel manager, pastikan bahwa ia memiliki kemampuan untuk mengatur banyak saluran secara sekaligus. Anda juga perlu mengetahui berapa banyak tipe kamar yang dapat diatur oleh channel manager tersebut dalam satu waktu. Terlebih ketika Anda memiliki beragam tipe kamar yang dijual dalam hotel Anda, channel manager yang mampu mengolah berbagai macam informasi secara sekaligus adalah penting untuk menunjang bisnis hotel Anda.

Memilih channel manager yang tepat dan sesuai dengan properti Anda memang tidak mudah. Namun demikian, memahami properti Anda adalah langkah awal yang benar-benar Anda perlukan untuk menemukan channel manager yang sesuai. Ketika Anda sudah memiliki pemahaman yang komprehensif tentang properti Anda, memilih channel manager yang tepat bukanlah hal yang sulit. Jadi, apa Anda siap untuk menyimak lebih banyak tentang topik ini dalam artikel berikutnya?

YOU MIGHT ALSO LIKE

1 Comment

Leave A Comment

Your email address will not be published.