Mengapa Anda Perlu Website untuk Meningkatkan Penjualan Kamar Hotel Anda

4

Meningkatkan penjualan kamar hotel mungkin bukan hal yang mudah. Persaingan dunia hospitalitas yang kian ketat membuat kebanyakan hotel kesulitan untuk menjual kamar hotel mereka. Tidak hanya masalah perubahan pada tren berwisata, perkembangan teknologi juga menjadi alasan mengapa meningkatkan penjualan kamar hotel menjadi kian sulit.

Bayangkan saja jika Anda harus berkompetisi dengan online travel agent (OTA) yang menghabiskan dana milyaran rupiah untuk beriklan di berbagai media. terdengar sangat sulit, bukan?

Menjamurnya distribusi hotel melalui OTA bukannya tanpa alasan. Faktor kemudahan menjadi salah satu alasan mengapa banyak hotel yang bergantung pada OTA untuk memasarkan kamarnya. Namun demikian, bukan berarti Anda harus 100% tergantung pada OTA. Dalam artikel ini, Caption akan membahas salah satu sarana yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan kamar hotel Anda, yaitu website. Lalu, apa sebenarnya website hotel itu sendiri?

Bagaimana cara kerja website hotel?

Jika Anda masih ragu mengapa website bisa menjadi sarana Anda untuk meningkatkan penjualan kamar hotel, tahan dulu rasa keingintahuan Anda. Kita harus memahami terlebih dahulu; bagaimana cara kerja dari suatu website hotel. Pada dasarnya, website hotel tidak jauh berbeda dengan website pada umumnya. Dalam hal ini, website secara umum berfungsi sebagai media informasi dari hotel kepada calon konsumen yang berada di luar sana. Website bisa menjembatani rasa penasaran calon konsumen Anda di luar sana terhadap properti Anda.

Dengan adanya website ini, diharapkan bahwa calon konsumen akan semakin yakin dan percaya untuk melakukan reservasi di hotel Anda. Website hotel bisa berisi hal-hal dasar seperti informasi lokasi hotel, tipe kamar dan informasi kontak. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan fungsi reservasi pada website hotel Anda dengan bantuan booking engine. Booking engine pada dasarnya adalah suatu sistem yang memungkinkan konsumen untuk melakukan reservasi secara langsung melalui website hotel Anda. Bentuk dan desain booking engine sendiri bermacam-macam dan tergantung dari developer pengembangnya, namun secara garis besar fungsinya adalah sebagai mesin reservasi bagi konsumen Anda.

Mengapa website?

Setelah memahami apa itu website hotel, kini saatnya kita beralih ke pembahasan mengenai bagaimana menggunakan website untuk meningkatkan penjualan kamar hotel Anda. Anda bisa mencari banyak contoh promosi hotel yang tersedia di internet, namun belum banyak yang membahas mengenai bagaimana menggunakan website untuk mendorong penjualan. Jika Anda bisa menggunakan website sebagai salah satu strategi promosi hotel Anda, bukan tidak mungkin bahwa Anda bisa meningkatkan pendapatan hotel Anda.

Bebas berekspresi

Berbeda dengan OTA yang memiliki berbagai aturan, website pribadi memberikan kebebasan dan keleluasaan bagi Anda untuk berekspresi.

Anda bisa mendesain website Anda agar sesuai dengan branding dari hotel Anda sendiri. Jika hotel Anda memiliki konsep seni misalnya, Anda bisa mendesain website hotel Anda agar sesuai dengan konsep tersebut. Selain itu, Anda juga tidak terikat dengan jumlah karakter pada konten atau jumlah foto maksimal; Anda bebas mengisi website Anda dengan konten apapun yang menurut Anda menarik. Hal ini tentu akan menguntungkan Anda karena semakin banyak informasi yang dapat Anda bagikan kepada calon konsumen, semakin besar pula kemungkinan bagi mereka untuk memilih hotel Anda sebagai tempat menginap, bukan?

Reservasi langsung = bebas rate parity

Alasan utama mengapa memiliki website bisa menjadi salah satu cara bagi Anda untuk meningkatkan penjualan kamar hotel adalah karena fleksibilitas yang Anda miliki dalam mengatur harga. Anda tidak terikat dengan ketentuan rate parity yang mengharuskan Anda untuk memasang harga yang sama di semua OTA; Anda bisa memasang harga termurah di website Anda dan mendorong konsumen untuk melakukan reservasi secara langsung melalui website Anda. Selain itu, Anda juga tidak perlu membayar komisi pada siapapun dengan reservasi langsung melalui website Anda sendiri. Kabar baik untuk pendapatan hotel Anda!

Program loyalti bisa mendorong pelanggan untuk reservasi

Alasan lain mengapa website bisa membantu Anda meningkatkan penjualan kamar adalah karena Anda bisa menggunakan program loyalti pada website Anda.

Program ini umumnya ada pula pada beberapa OTA dan memiliki tujuan untuk mendorong konsumen agar semakin sering melakukan transaksi untuk mengumpulkan poin. Daripada memberikan poin pada konsumen melalui program loyalitas di OTA (dan mereka tentunya akan menggunakannya untuk menginap di hotel lain), Anda bisa melakukannya sendiri. Anda bisa menggunakan program ini di website Anda dan mendorong konsumen untuk mengumpulkan poin yang bisa ditukar dengan keuntungan-keuntungan tertentu.

Mode bilingual bisa menjangkau wisatawan mancanegara

Keuntungan lain dari menggunakan website untuk distribusi adalah jangkauannya yang luas.

Anda bisa memanfaatkan website untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan mendatangkan lebih banyak reservasi ke hotel Anda. Caranya mudah; tambahkan mode bilingual ke website Anda. Hal ini tidak hanya akan membuat wisatawan mancanegara lebih mudah untuk mendapatkan informasi mengenai hotel Anda; kemungkinan mereka untuk melakukan reservasi pun menjadi lebih besar. Ini mungkin salah satu contoh strategi pemasaran hotel yang unik, namun tetap patut dicoba, bukan?

Koneksi dengan sosial media untuk jangkauan lebih luas

Fleksibilitas yang diberikan oleh website salah satunya adalah kemampuannya untuk terkoneksi dengan sosial media.

Perkembangan penggunaan sosial media yang semakin meningkat bisa menjadi sarana Anda untuk meningkatkan penjualan kamar hotel dengan menghubungkan website ke sosial media hotel Anda. Hal ini tentu akan menambahkan jangkauan pasar menjadi semakin luas dan potensi pemasaran hotel Anda pun semakin besar. Anda bisa menggunakan sosial media sebagai media promosi lalu menggiring mereka untuk mengunjungi website Anda untuk melakukan reservasi.

Promo khusus untuk reservasi via website

Memiliki website sendiri memberikan keleluasaan bagi Anda untuk mengatur promosi. Anda bisa mencoba membuat promosi khusus untuk reservasi via website agar konsumen lebih memilih reservasi melalui website daripada OTA. Sebagai contoh, Anda bisa memberikan fasilitas breakfast gratis bagi tamu yang melakukan reservasi melalui website. Jika mereka melihat keuntungan ini, tentunya mereka akan lebih memilih untuk melakukan reservasi langsung ke website Anda, bukan?

Dan tentu, ini berarti lebih banyak pendapatan bebas komisi bagi hotel Anda.

Perkembangan industri hotel di masa kini harus disikapi dengan bijak. Anda tidak perlu takut bahwa hotel Anda akan kalah saing dengan kompetitor karena pada dasarnya semua hotel memiliki sisi unik mereka sendiri. Hal ini tergantung kepada Anda untuk memperlihatkan sisi unik tersebut kepada konsumen. Dalam hal ini, website bisa menjadi sarana yang tepat untuk memperlihatkan sisi unik dari properti Anda kepada dunia. Jadi tunggu apalagi? Siapkah Anda untuk memiliki website hotel Anda sendiri?

website hotel gratis

0 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published.