Pengalaman Pondok Aldilla Syariah Menggunakan Produk Caption

hotel operation system

Promo Free Trial selama dari Caption Hospitality memang bukan sekedar omong kosong. Dalam program ini, hotel dapat mencoba pengalaman menggunakan seluruh sistem hotel dari Caption Hospitality tanpa biaya sepeser pun selama satu bulan penuh. Program ini merupakan upaya Caption untuk memperkenalkan produknya kepada industri hotelier modern. Tidak hanya di area Yogyakarta, beberapa hotel yang berada di area Bandung dan sekitarnya pun turut serta dalam program yang masih akan diadakan hingga pertengahan 2017 nanti.

Saat ini, sudah puluhan hotel yang ikut merasakan bagaimana mudahnya mengelola hotel dengan menggunakan sistem dari Caption. Salah satu hotel yang turut serta dalam program ini adalah Pondok Aldilla Syariah Yogyakarta. Hotel yang berdiri sejak tahun 2016 ini merupakan salah satu klien yang sedang mengikuti program free trial dari Caption Hospitality. Meskipun baru menggunakan produk Caption selama satu bulan, Bapak Danu selaku General Manager dari Pondok Aldilla Syariah Yogyakarta berbagi dengan kami kesan-kesannya selama menggunakan sistem hotel dari Caption.

Pondok Aldilla Syariah Yogyakarta

IMG_2212 as Smart Object-1

Sebagai hotel dengan konsep syariah, Pondok Aldilla Syariah Yogyakarta sadar betul bahwa konsep tersebut bisa menjadi bumerang jika tidak dikelola dengan baik. Sebagaimana kita tahu, hotel syariah memiliki beberapa perbedaan dalam hal operasional dan bisnis jika dibandingkan dengan hotel konvensional pada umumnya. Sebagai hotel syariah, terdapat nilai-nilai syariah yang kemudian digunakan dalam perencanaan bisnis dari hotel itu sendiri; salah satunya adalah aturan untuk hanya menerima tamu pasangan yang sudah menikah saja untuk menginap di properti mereka. Meskipun demikian, hal ini bukan berarti hotel tidak bisa meraih tingkat okupansi yang tinggi. Segmentasi keluarga dan tamu grup menjadi pilihan bagi Pondok Aldilla Syariah Yogyakarta agar tetap dapat berkompetisi dalam industri perhotelan di Yogyakarta.

Di sela kesibukannya yang padat, Bapak Danu berbagi dengan kami bagaimana pengalamannya menggunakan sistem dari Caption selama kurang lebih sebulan terakhir. Sebagai hotel dengan segmentasi terbatas, Pondok Aldilla Syariah Yogyakarta memang membatasi penjualan dari online travel agent (OTA). Hal ini selain dimaksudkan untuk lebih menyeleksi tamu yang menginap, juga untuk meningkatkan pendapatan non komisi. Selama ini, offline travel agent menjadi andalan bagi hotel ini untuk mendongkrak tingkat okupansinya dan berpacu dengan para kompetitor hotel di sekitarnya.

Meskipun baru beroperasi selama satu tahun, tingkat okupansi yang terus meningkat membuat Pondok Aldilla Syariah Yogyakarta kewalahan dengan operasional hotel. Hal ini ditegaskan oleh Bapak Danu yang melihat bahwa kesalahan pada recording data tamu dan data pendapatan hotel sebagai dua masalah terbesar yang dihadapi oleh hotel ini. Sistem operasional yang masih serba manual membuat staf front office seringkali melakukan kesalahan yang berujung pada kesalahan pencatatan data tamu. Meskipun terdengar remeh, hal ini tentunya akan berpengaruh pada data pendapatan hotel.

Lobby 2

Hal lain yang menjadi resiko dari pengelolaan hotel menggunakan sistem manual tentunya adalah pencatatan pendapatan hotel. Jika pencatatan pada level front office saja sudah terdapat kesalahan, maka hasil pendapatan hotel secara bersih otomatis juga akan terpengaruh. Selain itu, pencatatan manual juga berpotensi menimbulkan salah hitung yang juga akan mempengaruhi hasil akhir perhitungan pendapatan hotel. Hal inilah yang kemudian mendorong manajemen Pondok Aldilla Syariah Yogyakarta untuk mencoba sistem hotel dari Caption Hospitality.

Saat ini, Pondok Aldilla Syariah Yogyakarta telah menggunakan semua produk sistem hotel dari Caption Hospitality. Untuk bagian front desk, para staf di Pondok Aldilla Syariah Yogyakarta telah menggunakan Crono POS dalam pengelolaan hotel sehari-hari. Selain memudahkan proses reservasi, sistem hotel dari Caption juga mempermudah proses check-in dan check-out tamu yang bisa dilakukan dengan sekali klik saja. Hal ini tentu berpengaruh besar pada waktu pelayanan tamu yang kini bisa dilakukan dengan cepat dan lebih efektif. Crono POS juga memudahkan para staf untuk mengelola pembayaran dari tamu dengan adanya menu Payment pada sistemnya. Pencatatan yang terkomputerisasi tentu membuat potensi kesalahan pencatatan menjadi lebih rendah.

Sebagai seorang general manager, Crono Dashboard menjadi sistem favorit yang paling digunakan oleh Bapak Danu. Sistem yang didesain secara khusus untuk kebutuhan staf level managerial di hotel ini membuat pekerjaan mengelola hotel menjadi sangat mudah. Salah satu fitur yang menurut Bapak Danu paling membantu adalah fitur report yang memungkinkan pengelola hotel untuk membuat berbagai laporan hotel dengan sekali klik saja. Sebagai seorang general manager, hal ini tentu penting karena pelaporan seringkali menjadi momok bagi para pengelola hotel. Membuat berbagai laporan hotel kini dapat dilakukan dengan sekali klik, tanpa perlu membuka-buka catatan yang riskan akan kesalahan pencatatan.

Itulah kesan dari salah satu klien yang sudah merasakan mudahnya mengelola hotel dengan sistem dari Caption Hospitality. Tertarik untuk mencoba produk kami secara gratis selama satu bulan? Hubungi kami sekarang juga https://goo.gl/Ia1kGy

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published.