Trik Mudah agar Program Loyalitas Pelanggan Hotel Anda Tetap Menarik

hotel guest loyalty program

Dari banyak rencana pemasaran, program loyalitas pelanggan adalah salah satu program pemasaran awal yang ada dalam evolusi industri perhotelan. Pada awalnya, program ini digunakan untuk menarik pelanggan untuk datang kembali ke hotel. Hal ini karena tamu yang datang kembali ke hotel adalah kunci kesuksesan bagi setiap hotel. Dan tentu, Anda pasti ingin semakin banyak tamu yang datang kembali ke hotel Anda, bukan?

Dahulu, program loyalitas menggunakan kartu keanggotaan yang dimiliki oleh tamu hotel. Kemudian berubah menjadi kartu anggota berpoin, semakin lama seorang tamu menginap di hotel, semakin banyak poin yang didapatkan.

Hal ini mendorong tamu untuk tinggal lebih lama di hotel demi mendapatkan lebih banyak poin Poin yang sudah didapatkan kemudian dapat ditukarkan dengan berbagai manfaat, seperti: sarapan gratis, layanan spa gratis, atau bahkan berupa menginap gratis. Meskipun saat ini ada beragam macam program loyalitas, tetapi pengertian umum program loyalitas pelanggan masih tetap sama.

Seberapa efektif?

Evolusi industri perhotelan berjalan begitu dramatis hingga banyak fitur dalam hotel yang dulu bermanfaat, kini menjadi sia-sia. Salah satunya adalah kematian secara perlahan dari program loyalitas pelanggan yang dapat kita lihat di banyak hotel modern pada saat ini.

Dengan meningkatnya pemesanan secara online melalui online travel agent (OTA), membuat program loyalitas pelanggan menjadi sesuatu yang usang dalam industri perhotelan saat ini.

Salah satu kekurangan dari program loyalitas pelanggan adalah kesulitan untuk mengukur seberaa sukses program tersebut. Salah satu parameter yang dapat digunakan untuk mengukur kesuksesan program loyalitas adalah dengan mengukur tingkat tamu yang datang kembali.

Ketidakmampuan program loyalitas pelanggan untuk mengikuti kmpetisi industri perhotelan di era modern adalah salah satu alasan yang membuat skema ini tidak lagi efektif untuk digunakan pada pasar saat ini. Setidaknya terdapat 4 alasan mengapa program loyalitas adalah skema pemasaran yang usang untuk pasar modern.

  • Konsumen membutuhkan waktu yang lama untuk mendapat manfaat dari menjadi pelanggan yang setia

Menggunakan sistem berbasis poin, konsumen membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengumpulkan poin yang cukup untuk dapat menukarkan dengan manfaat yang ditawarkan. Hal ini bukanlah praktik pemasaran yang baik untuk konsumen saat ini, karena saat ini orang lebih menuntut sesuatu yang cepat dan instan. Penantian yang lama untuk mengumpulkan poin hanya akan membuat konsumen bosan dan pada akhirnya menyerah untuk menggunakan program loyalitas pelanggan Anda.

Baca juga artikel kami tentang ‘fitur penting dalam booking engine’ di sini.

  • Manfaat menjadi loyal tidak cukup menguntungkan

Bahkan, ketika Anda menawarkan skema yang mudah untuk konsumen untuk mendapatkan poin yang tinggi, tetapi jika hadiah yang ditawarkan tidak cukup berharga, maka mereka tidak akan tertarik dengan program loyalitas pelanggan Anda. Inti dari mengikuti programloyalitas adalah mendaat keuntungan dari program tersebut. Jika keuntungn yang ditawarkan terlalu sulit untuk didapatkan atau tidak cukup menarik, maka cukup sulit untuk menarik konsumen untuk mengikuti program loyalitas pelanggan yang Anda tawarkan.

  • Skema yang sama juga ditawarkan oleh OTA

Saat ini ketika sebagian besar hotel sudah tersedia di OTA, frekuensi orang untuk memesan melalui OTA tentunya lebih tinggi dari frekuensi mereka memesan secara langsung di website Anda. Hal ini adalalh masalah yang dapat mengancam program loyalitas pelanggan Anda, karena sebagian OTA menggunakan program loyalitas pelanggan yang hampir sama untuk membuat konsumen terus menggunakan mereka. Hal ini dapat menjadi akhir dari program loyalitas pelanggan Anda jika Anda tidak dapat menawarkan sesuatu yang berbeda dari mereka.

Baca juga artikel kami tentang ‘peringkat TripAdvisor’ di sini.

  • Banyaknya alternatif hotel membuat konsumen sulit untuk loyal

Hotel dan berbagai macam bentuk akomodasi lainnya telah berkembang pesat dalam sepuluh tahun terakhir. Hal ini berarti konsumen memiliki lebih banyak pilihan untuk akomodasi, dan mereka akan jarang untuk menginap di hotel yang sama ketika mereka mengunjungi suatu destnasi wisata yang sama. Hal ini bisa mengakhiri program loyalitas Anda karena tamu yang datang kembali sangat sulit untuk didapatkan.

Bagaimana memanfaatkan program loyalitas pelanggan untuk bisnis saat ini?

Dengan semua fakta yaang disebutkan di atas, tidak berarti Anda harus menghilangkan program loyalitas pelanggan dari rencana pemasaran Anda. Sebenarnya masih ada kesempatan bagi Anda untuk memaksimalkan program loalitas pelanggan jika Anda mengetahui cara yang tepat untuk melakukannya. Salah satu caranya adalah dengan membuat skema ini untuk dapat beradaptasi dengan pasar dan persaingan hotel di era modern adalah kunci untuk membuat program ini dapat meningkatan pendapatan hotel Anda.

  • Buatlah menjadi lebih mudah

Konsumen modern menginginkan semua hal menjadi mudah dan sederhana. Anda harus dapat membuat program loyalitas pelanggan Anda menjadi sesuatu yang mudah dan dapat diakses oleh mereka. Hal itu tidak berarti Anda harus memberikan oin yang banyak kepada tamu Anda setiap mereka menginap di hotel Anda, Anda hanya perlu melakukan sedikit melakukan trik untuk membuat program lyalitas Anda menarik.

Sebagai contoh, Anda dapat menerapkan sistem poin berdasarkan jumlah tagihan bukan pada jumlah malam. Dengan hal ini semakin besar pengeluaran tamu maka semakin besar poin yang dapat mereka dapatkan. Hal ini dapat mendorong tamu untuk membelanjakan uang mereka selam tinggal di hotel Anda.

Hal lain yang perlu Anda pertimbangkan adalah kemudahan untuk mengakses program loyalitas Anda. Ketika konsumen Anda memerlukan melewati banyak gangguan untuk mengangkes program, niat mereka untuk mengikuti program akan semaik berkurang. Anda dapat menghindari hal tersebut dengan website Anda, sehingga konsumen dapat melihat jumlah poin mereka saat mereka login. Selain itu Anda juga bisa membuat proses masuk ke website Anda dengan menambahkan tombol sosial media di website Anda. Dengan cara tersebut mereka bisa mendaftar dengan mudah menekan tombol sosial media di Website Anda, dan mengucapkan selamat tinggal pada proses pengisian formulir yang membuat frustasi.

Baca juga artikel kami tentang ‘personalisasi hotel’ di sini.

  • Buatlah agar berkesan dan cepat

Kunci untuk membuat program loyalitas pelanggan Anda semikn menarik bagi konsumen adalah dengan memberi hadiah yang berkesan bagi konsumen. Anda juga harus memastikan hadiah yang ditawarkan dapat diterima dengan cepat sehingga konsumen tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan hadiah. Kedua hal tersebut wajib diperhatikan ketika akan menjual program loyalitas pelanggan untuk konsumen modern.

Sebagai contoh, Anda dapat memberikan transportasi ke bandara secara gratis setelah check out jika tagihan tamu mencapai jumlah tertentu.

Hal ini tentunya menarik karena mereka tidak menunggu dalalm jangka waktu lama untuk mendapatkan manfaat yang ditawarkan. Selain itu Anda juga dapat memberikan akses gratis ke salah satu fasilitas yang ada di hotel Anda ketika konsumen memesan lebih dari satu kamar. Skema ini tentunya lebih baik jika dibandngkan dengan memberikan bantal atau payung yang lucu, bukan?

 

Sebenarnya membuat program loyalitas pelanggan menjadi sesuatu yang menarik tidaklah sulit. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat program Anda beradaptasi dengan konsumen di era modern. sehingga mereka tertarik untuk bergabung. Ketika Anda sudah mengetahui cara mebuat program loyalitas pelanggan yang menarik, maka Anda akan lebih mudah untuk meningkatkan pendapatan hotel Anda.

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published.