Wisatawan Milennial: Pasar Baru yang Menjanjikan bagi Industri Perhotelan

millennial traveler

Persaingan yang terjadi pada industri perhotelan di era modern ini, telah membawa kita ke dalam era pemasaran hotel yang lebih kompleks. Selain saling bersaing untuk memasarkan hotel, saat ini hotel juga dituntut untuk mengoptimalkan website mereka, semakin ramah lingkungan, beradaptasi dengan generasi milennial, serta masih banyak hal lainnya. Walau tuntutan di industri perhotelan modern saat ini cukup berat, tetapi ada kabar baik bagi industri perhotelan dengan berkembangnya pasar baru dari wisatawan milennial.

Pergeseran perilaku wisatawan telah mempengaruhi industri perhotelan, salah satunya adalah karena wisatawan semakin singkat menghabiskan waktu di hotel. Namun, hal tersebut bukanlah suatu masalah, jika kita mampu memahami dan memberikan pelayanan yang dibutuhkan oleh wisatawan. Berikut ini Caption akan mengulas beberapa hal yang Anda perlu ketahui mengenai wisatawan milennial dan bagaimana mereka menajdi pasar baru yang potensial untuk industri perhotelan.

Siapakah mereka?

Perubahan perilaku wisatawan dalam menikmati liburannya, salah satunya disebabkan oleh penawaran serta promosi harga murah yang ditawarkan. Sebagai contoh adalah harga promo yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan dan hotel. Hal ini mendorong wisatawan untuk selalu berpindah dan menghabiskan waktu lebih sedikit di suatu destinasi wisata. Dalam masa inilah wisatawan milennial muncul.

Dalam industri pariwisata, wisatawan milennial dapat diartikan sebagai wisatawan yang lahir dari tahun 1980 hingga tahun 2000. Lebih lanjut, milennial indentik dengan ketertarikan mereka untuk menjelajah.

Wisatawan yang gemar dengan teknologi ini tidak ragu untuk membagikan perjalanan liburan mereka di media sosial dan membagikan pengalaman mereka. Mereka juga tidak ragu untuk memesan tiket pesawat secara online maupun memesan hotel secara last minute melalui internet. Selain itu mereka juga tidak ragu untuk memberikan rekomendasi restoran atau tinggal di rumah seseorang yang tidak mereka kenal yang jaraknya sangat jauh dari rumah mereka.

Untuk dapat menarik perhatian mereka, industri pariwisata sudah melakukan berbagai upaya seperti membangun merek yang sesuai segmen pasar mereka, memberikan amenitas yang ramah teknologi, serta mencoba menjadi yang paling unggul untuk menarik perhatian. Sebenarnya yang perlu dilakuan oleh industri pariwisata adalah untuk memahami bahwa ini bukan hanya feomena demografis yang terjadi pada generasi milennial. Fenomena ini merupakan suatu tada dari perubahan budaya yang tidak hanya terjadi pada generasi ini. Secara lebih lanjut, hal ini dapat menjadi suatu dasar bagi generasi berikutnya yang memungkinkan teknologi mempengaruhi penngalaman liburan, sehingga memungkinkan adanya lebih banyak pilihan, serta kebebasan untuk memilih, dan terutama kesempatan yang lebih besar bagi industri untuk menghasilkan pendapatan.

Secara umum, wisatawan milennial adalah wisatawan yang membutuhkan pengakuan dari orang-orang di sekitarnya.Hal ini adaah peluang bagi Anda sebagai pemilik hotel dengan menjadikan mereka pasar yang potensial.

Bagaimana Anda, sebagai pemilik hotel, bisa merespon mereka?

service in hotel

Hal pertama yang Anda dapat lakukan ketika menjadikan mereka sebagai pasar potensial adaah memahami kebutuhan mereka. Milennial pada umunya sangat dekat teknologi dan akses terhadap teknologi sangat berarti bagi mereka. Oleh karena itu Anda dapat mendesain hotel Anda agar lebih ramah teknologi dan memberikan istirahat nyaman yang mereka inginkan.

  • Dinding kedap suara

Dinding kedap suara mungkin terdengar kurang begitu penting, tetapi hal ini dapat menjadi nilai jual untuk menarik wisatawan milennial ke hotel Anda. Suara yang berisik dari kamar sebelah terkadang membuat beberapa orang terganggu dan tidak dapat tidur dengan nyenyak. Dengan memasang dinding kedap suara, hal ini tentunya dapat mencegah mereka mengalami penderitaan karena tidak dapat tidur dengan nyenyak. Memasang dinding kedap suara di hotel Anda mungkin membutuhkan biaya yang sangat besar, tetapi hal ini merupakan investasi yang cerdas untuk mempersiapkan hotel Anda untuk pasar baru.

  • Turndown service yang simpel

Mungkin turndown service merupakan hal yang biasa bagi sebagian hotel. Akan tetapi Anda dapat meningkatkan pelayanan hotel Anda untuk memenuhi kebutuhan wisatawan milennial melalui layanan ini. Anda dapat mengembangkan turndown service yang didedikasikan secara khusus untuk memebuat pengalaman beristirahat yang lebih baik bagi tamu Anda. Turndown service tidak selalu merupakan layanan yang mewah, sebagai contoh Anda dapat menawarkan memainkan musik yang lembut melalui pengeras suara yang ada di kamar untuk membuat tamu Anda tidur lebih nyenyak. Anda juga dapat menawarkan layanan bedtime call untuk mengingatkan mereka untuk mematikan gadget mereka beberapa menit sebelum tidur.

  • Menyediakan soket listrik yang banyak

Seperti yang kita ketahui, wisatawan milennial tidak bisa hidup tanpa suplai listrik dan gadget mereka. Anda dapat memberikan pelayanan yang lebih kepada mereka dengan menyediakan soket listrik dengan jumlah banyak di kamar hotel Anda. Lebih dari itu, Anda tak perlu ragu untuk menawarkan soket listrik tambahan karena tentu mereka akan membutuhkan listrik untuk memberi daya pada gadget mereka. Selain itu, jangan lupa untuk meletakkan soket listrik dekat dengan tempat tidur, untuk memberi akses yang lebih mudah bagi mereka untuk mengisi daya ponsel mmereka dari tempat tidur.

  • Gadget khusus untuk membuat tidur semakin nyenyak

Jika Anda ingin memberikan pelayanan yang lebih, mungkin Anda dapat berinvestasi dengan menyediakan gadget khusus yang bisa mendatangkan lebih banyak wisatawan milennial ke hotel Anda. Terdapat banyak gadget yang dapat membantu tamu untuk tidur lebih nyenyak. Sebagai contoh Anda dapat memasang dawn simulator di kamar untuk membangunkan tamu dengan nyaman. Gadget ini akan menstimulasi seseorang untuk bangun secara natural dengan cara memainkan musik yang lembut serta memberikan tiruan sinar matahari melalui lampu LED yang ada di alat ini. Dengan cara ini akan terbangun secara alami tanpa perlu mengorbankan tidur mereka yang nyaman terganggu oleh wake up call dari front office.

  • Memberikan pelayanan khusus

Jika memberikan pelayanan tambahan membebani anggaran hotel, Anda dapat memaksimalkan fasilitas yang ada di hotel Anda untuk mmeberikan pelayanan khusus pada tamu Anda. Sebagian besar tamu anda mungkin adalah sleep deprived travelers yang sangat kelelahan setelah menemph perjalanan yang panjang. Oleh karena itu, salah satu layanan yang dapat Anda berikan adalah layanan pijat yang dikhususkan untuk membuat tubuh mereka segar kembali. Jika Anda tidak memiliki layanan spa di hotel, Anda dapat memberikan voucher potongan harga di tempat spa terdekat yang ada di sekitar hotel Anda. Selain itu, Anda juga dapat menawarkan teh chamomile satu jam sebelum waktu tidur untuk membuat tamu dapat tidur dengan lebih nyenyak. Bukankah langkah-langkah tersebut cukup simpel dan efektif?

  • Sleep kits

Saat Anda sangat lelah karena perjalanan panjang, pulih dari kelelahan tentu menjadi prioritas utama Anda. Untuk itu, Anda dapat membantu tamu milennial Anda, dengan memberikan slepping kits untuk meningkatkan kualitas tidur mereka. Anda dapat mencoba mmberikan beberapa alat yang bisa tidur dengan lebih baik. Anda dapat memberikan sleeping kits yang berisi penyumbat telinga, minyak chamomile, atau bahkan bantal untuk berpergian yang dapat mereka gunakan dalam perjalanan pulang. Selain itu, Anda juga dapat memberikan sleeping kits pada anak-anak berupa buku cerita sebelum tidur dan lampu malam yang lucu untuk pengalaman tidur yang baik bagi tamu muda ini.

Bagaimana Anda bisa menarik mereka ke hotel Anda?

hotel guest

Setelah memahami bagaimana cara membuat hotel Anda menarik untuk wisatawan milennial, mak sekarang saatnya Anda membuat mereka untuk tertarik menginap di kamar hotel Anda. Trik yang telah disebutkan di atas tidak akan memberikan hasil jika tanpa marketing yang baik untuk memberitahukan nilai tambah yang dimiliki hotel Anda pada para tamu potensial ini. Anda dapat mengikuti langkah-langka berikut ini untuk membuat mereka memesan kamar hotel Anda secara langsung.

  • Promosikan pelayanan terebut di website Anda

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menampilkan berbagai layanan tersebut di website hotel Anda. Tentu, Anda tidak berharap bahwa para tamu potensial menemukan seluruh informasi tersebut satu per satu dengan cara mereka menjelajahi website anda dan mengklik satu per satu informasi di website Anda, bukan? Oleh karena itu menampilkan informasi tersebut di halaman muka website Anda sangat penting supaya tamu dapat mengetahui tentang layanan-layanan menarik yang Anda tawarkan.

Selain menampilkan informasi yang lengkap di halaman pertama, Anda juga perlu untuk memberkan pengalaman yang baik kepada tamu potensial yang memesan melalui website. Maka dari itu, sebaiknya Anda memastikan bahwa website Anda sudah dioptimalisasi sehingga memiliki booking engine yang baik serta desain yang simpel untuk membuat lebih banayk tamu yang memesan hotel Anda. Selain itu, sebuah website yang responsif juga perlu untuk membuat para wisatawan milennial tidak merasa bosan dan membatalkan niat mereka untuk memesan, karena website Anda sangat lambat ketika dibuka.

  • Promo menarik

Setelah menampilkan layanan menarik yang Anda tawarkan khusus wisatawan milennial, langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah membuat promo yang menarik bagi mereka. Kamu dapat menawarkan harga kamar spesial atau kopi pagi gratis untuk menarik lebih banyak tamu. Sebenarnya hal tersebut tidak harus berkaitan dengan harga, Anda dapat memberikan nilai lebih pada kamar hotel Anda supaya kamar Anda memiliki nilai ynag lebih. Sebagai contoh, Anda dapat memberi diskon bagi kamar yng didalamnya sudah termasuk dengan slepping kits. Dengan cara ini, Anda akan dapat menarik lebih banyak wisatawan milennial karena mereka melihat kamar hotel Anda terjangkau bagi mereka.

Anda juga dapat menawarkan paket romantis yang dapat Anda gunakan untuk menargetkan pasar yang lebih spesifik, untuk menarik pasangan milennial yang sedang berlibur suapya menginap di hotel Anda. Anda dapat memberikan layanan khusus pada mereka dengan kamar yang romantis serta layanan khusus agar mereka lebih menikmati istirahat mereka di hotel Anda. Bukankah hal tersebut bukanlah hal yang sulit?

Tantangan yang dihadapi industri perhotelan di era modern ini telah mendorong hotel untuk menyipakan diri menghadapi berbagai macam jenis konsumen.

Medan perang baru di industri perhotelan berarti menuntut Anda untuk mempersiapkan diri dengan strategi pemasaran yang baru. Akan tetapi hal terbut juga tidak berarti Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk bagian pemasaran di hotel Anda, yang dibutuhkan hanyalah kecerdasan Anda untuk memenangkan persaingan. Jika Anda menerapkan saran-saran di atas untuk hotel Anda, tentu Anda akan dapat menarik lebih banyak wisatawan milennial untuk menginap di hotel Anda.

Apa yang anda pikirkan mengenai saran-saran yang telah kami berikan? Apakah Anda memiliki hal lain yang bisa Anda bagikan mengenai hal ini? Mari berbagi di kolom komentar yang ada di bawah ini.

YOU MIGHT ALSO LIKE

2 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published.