Workshop Caption: Memaksimalkan Pendapatan Hotel secara Efektif di Era Digital

Caption Workshop Speakers

Bulan Februari merupakan bulan yang spesial untuk Caption Hospitality. Pada tanggal 15 Februari 2017 kemarin Caption menggelar workshop pertamanya yang bertemakan ‘Memaksimalkan Pendapatan Hotel dengan Efektif di Era Digital’. Workshop ini diadakan di Hotel Harper Yogyakarta dan dihadiri oleh lebih dari 50 peserta. Dalam workshop yang juga didukung oleh Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) ini, kebanyakan peserta merupakan pemilik hotel, general manager ataupun sales manager dari hotel non-bintang di Yogyakarta dan beberapa kota di sekitarnya.

Dalam workshop intensif ini, peserta diajak tidak hanya untuk mengenal lebih jauh mengenai digital marketing, namun juga belajar bagaimana mengimplementasikannya dalam bisnis mereka. Dengan tema besar mengenai digital marketing, Caption Hospitality bertekad untuk membantu hotel kecil dan independen untuk mampu bersaing dalam kompetisi bisnis hotel modern dan mampu menggunakan teknologi dengan bijak dalam bisnis mereka. Melalui workshop ini, peserta diberikan gambaran tidak hanya mengenai bisnis perhotelan di Indonesia secara umum, namun juga industri hotel secara regional di Yogyakarta. Para pembicara sengaja dipilih datang dari berbagai elemen bisnis perhotelan dan diharapkan mampu memberikan pengetahuan lebih bagi para hotelier untuk lebih memahami seluk beluk bisnis perhotelan di era modern.

_MG_8602-minWorkshop ini sendiri dipandu oleh tiga pembicara, yaitu Larry Chua sebagai founder dari Caption, Ahmad Wildan sebagai Senior Regional Manager dari Caption serta Rizki Siwu sebagai Vice President of Business Merchant dari DOKU Payment Getaway. Terbagi menjadi dua sesi; sesi presentasi dari para pembicara dan sesi diskusi panel; workshop ini didesain untuk membantu hotel kecil dan independen untuk dapat merencanakan ulang strategi bisnis mereka dalam menghadapi tantangan modern. Larry Chua membuka workshop dengan presentasinya mengenai industri perhotelan di Yogyakarta. Data statistik menunjukkan bahwa industri pariwisata di Indonesia relatif tahan terhadap krisis perekonomian global yang terjadi pada 20 tahun terakhir. Terakhir kali industri pariwisata Indonesia terguncang adalah pada tahun 1997; di mana terjadi reformasi politik di Indonesia. Setelah peristiwa tersebut, industri pariwisata Indonesia tumbuh dengan angka yang konstan hingga kini. Ini menunjukkan bahwa Indonesia sebenarnya memiliki potensi yang besar untuk dapat tumbuh menjadi pasar yang menguntungkan bagi industri perhotelan di Asia Tenggara.

Pada sesi presentasi selanjutnya, Ahmad Wildan juga mengungkapkan fakta bahwa industri perhotelan di Indonesia telah berkembang menjadi lebih industri yang lebih ramah teknologi pada 10 tahun terakhir. Industri perhotelan modern di Indonesia telah berkembang pesat berkat dorongan dari OTA; baik OTA global maupun OTA lokal. Ia juga mengungkapkan keuntungan dan tantangan yang dimiliki dari masing-masing tipe OTA jika diimplementasikan dalam bisnis hotel di Yogyakarta. Menutup sesi presentasi, Rizki Siwu juga mempresentasikan materi mengenai penggunaan DOKU Payment Getaway dalam industri perhotelan.

_MG_8635-min (1)Setelah sesi presentasi, para peserta mengikuti sesi diskusi panel untuk lebih memahami lebih dalam mengenai digital marketing. Para panelis dipilih dari berbagai elemen dalam industri perhotelan, antara lain dari OTA, asosiasi hotel dan Caption Hospitality. Tarsisius Vandi dari Traveloka dan KHRT. Drs. Istidjab M. Danunagoro, MM sebagai ketua PHRI regional Yogyakarta juga turut serta dalam diskusi panel yang disambut antusias oleh seluruh peserta. Dipandu oleh Ahmad Wildan yang merupakan veteran dalam industri hotel, para peserta menggunakan kesempatan ini untuk menggali lebih dalam mengenai implementasi digital marketing dalam industri perhotelan.

Pada kesempatan ini, Caption juga meluncurkan promo terbarunya yang akan memberikan kesempatan bagi hotel-hotel di area Yogyakarta untuk menikmati paket lengkap layanan dari Caption secara gratis melalui program free trial. Program ini akan memberikan kesempatan bagi para hotelier untuk merasakan pengalaman menggunakan layanan Caption secara gratis selama tiga bulan. Sebagai tambahan dari promo tersebut, DOKU Payment Getaway juga memberikan layanan transaksi kartu kredit tanpa dipungut biaya selama satu bulan pertama dalam masa free trial. Bahkan jika setelah masa free trial hotel tidak ingin menggunakan layanan Caption, hotel tetap dapat menggunakan website dan booking engine dari Caption tanpa berbayar. Melalui promo ini, Caption berharap dapat menjadi jembatan bagi hotel untuk berpindah ke sistem yang lebih mudah dan berbasis teknologi.

Melalui event ini, Caption berharap bahwa hotel kecil dan indepen dapat melebarkan potensi mereka dengan menggunakan platform digital. Melalui workshop ini pula, para hotelier diharapkan untuk dapat mengembangkan pengetahuan yang lebih mendalam agar dapat merencanakan strategi bisnis mereka dengan lebih matang. Pentingnya meningkatkan pemasukan tidak hanya melalui jalur OTA sebenarnya membuat penggunaan website hotel dan booking engine-nya menjadi penting. Hotelier diharapkan mampu mengimplementasikan metode transaksi online dengan menggunakan payment getaway yang mumpuni pula. Kesuksesan suatu hotel dalam kompetisi bisnis perhotelan modern memang bergantung pada banyak elemen. Dan tentu saja, ada baiknya jika dapat menggabungkan berbagai elemen agar mendapatkan output yang terbaik, daripada harus bergantung pada salah satu elemen saja.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan materi presentasi dari workshop ini, Anda dapat mengunduhnya dengan mengisi formulir di bawah ini.


0 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published.