Manfaat Aplikasi Hotel Digital Untuk Bisnis Hotel Anda

Digitalisasi sistem hotel tentu saja memiliki banyak sekali manfaat bagi bisnis perhotelan. Sayangnya, masih banyak sekali hotel-hotel di Indonesia yang masih belum mendigitalisasi sistem hotelnya. Padahal, ada begitu banyak pilihan aplikasi digital hotel yang sudah berkembang dewasa ini. Hotel-hotel itu adalah hotel dengan bintang tiga ke bawah yang masih berkembang. Permasalahan dengan digitalisasi sistem hotel di Indonesia salah satunya karena para penyedia sistem hotel memasang harga yang terlalu mahal.

Hotel digital merupakan bentuk dari pengadaptasian teknologi pada industri perhotelan. Para pelaku industri perhotelan telah mulai beradaptasi menggunakan teknologi, terutama pada system perhotelan mereka untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi yang makin pesat. Hotel digital bukan hanya tentang terlibatnya hotel dengan penyedia layanan travel daring, tapi mereka juga memiliki sistem pemesanan khusus seperti website, dan email sendiri.

Untuk memberikan gambaran yang jelas bagaimana transformasi digital sangat mempengaruhi industri perhotelan, Community Gathering yang diadakan oleh Caption360 menghadirkan Cristianto dari General Manager Tembok Batu Residence dan owner dari Jogja Kembali hotel. Cristianto memiliki pengalaman langsung yang berkaitan dengan transformasi digital untuk industri perhotelan.

Sebagai pelaku bisnis di industri perhotelan, Cristianto sadar betapa pentingnya peran teknologi dalam industri perhotelan saat ini. Dalam hal ini, Cristianto lebih menitik beratkan pengalamannya dalam sistem perhotelan.

Kemudahan untuk mengawasi karyawan

Sistem perhotelan telah membantu Cristianto untuk mengawasi operasional perhotelan. Sebelum menggunakan sistem perhotelan, Cristianto sulit untuk mengetahui karyawan yang “nakal”. Namun setelah menggunakan sistem, Cristianto lebih dipermudah dalam mengawasi karyawan-karyawannya. Ia bisa lebih dapat memonitor propertinya tanpa harus selalu ada di lokasi. Kemudahan digitalisasi sistem yaitu dapat meningkatkan mobilitas pelaku. Contoh mudah, jika sebelum melakukan digitalisasi sistem, semua aktivitas operasional hotel dilakukan secara manual yang repot dan memakan banyak waktu, namun setelah hadirnya digitalisasi hotel, semua aktivitas operational hotel dilakukan secara otomatis dengan aplikasi hotel yang lebih nyaman, murah, dan cepat.

Menekan pengeluaran operasional hotel

Cristianto memaparkan bahwa untuk mewujudkan aktivitas operational yang efektif dan efisien, diperlukan inisiatif langsung dari pihak yang bertanggung jawab, misalkan General Manager atau Property Owner. Itu karena diperlukannya tujuan strategic untuk mengambil keputusan berkaitan digitalisasi operasional hotel. Inisiatif ini sangat diperlukan karena tidak sedikit Property Owner dan General Manager yang cenderung “malas” dan “cari aman” dengan menjual kamar mereka pada pihak ketiga (Penyedia layanan travel daring). Itu tidak salah, karena kembali lagi pada objective bisnis masing-masing manager atau owner. Namun, dalam pandangan Cristianto sebagai General Manager & Hotel Owner, strategi menjual kamar kepada pihak ketiga tidaklah menghasilkan banyak keuntungan karena harga yang penyedia layanan travel online berikan kepada pihak hotel jauh lebih kecil dari yang mereka jual kembali ke konsumen. Oleh sebab itu, untuk memaksimalkan revenue, pihak hotel perlu menekan angka pengeluaran untuk operasional hotel, dan itulah manfaat dari sistem perhotelan yang tidak banyak orang tahu. Sistem operasional perhotelan seperti channel manager system (CMS), property management system (PMS), dan point of sales (POS) inilah yang dapat membantu pihak hotel memaksimalkan potensi hotel tanpa membuat pengeluaran untuk operasional hotel membengkak, tambahnya.

Para pelaku bisnis perlu berpikir dua kali untuk mengimplementasikan system tersebut. Itu karena mahalnya penyedia system perhotelan. Namun, dengan berkembangnya teknologi dan industri kreatif, ada banyak alternative system yang dapat menyesuaikan kebutuhan hotel mereka. Salah satu contoh adalah CRONOS, system perhotelan yang Caption Hospitality sediakan untuk menyesuaikan kebutuhan hotel dengan harga yang terjangkau.

Jadi, bukan lah hal buruk atau pemborosan untuk hotel memulai beralih untuk digitalisasi hotel. Memang, terlihat sedikit merepotkan mengganti system hotel yang sudah ada. Namun, digitalisasi hotel akan memberikan dampak positif dari segi efisiensi kerja karena dapat mengurangi pengeluaran operasional dan juga mecegah aktivitas “cheating” karyawan. Maka dari itu, carilah system atau aplikasi hotel yang sesuai atau dapat menyesuaikan kebutuhan hotel.

0 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published.